BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Politik, Kandidat Doktor Bidang Pertahanan Cranfield University, Inggris
Terlalu Jauh Mengaitkan Pencekalan dengan Arsip Peristiwa 65 dan Pilpres 2019

Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi dari kejadian ini. Pertama, sejauh ini Amerika Serikat (AS) belum pernah mengindikasikan Gatot sebagai salah satu figur yang memiliki masalah pelanggaran HAM. Hal ini ditandai dengan dikeluarkannya visa kunjungan ke AS. Gatot juga tidak masuk dalam daftar red notice Interpol. Apalagi, kegiatan kali ini bukan kali pertama Gatot menyambangi AS. Kedua, acara ini merupakan undangan resmi dari Kepala Staf Angkatan Bersenjata AS. Ketiga, kunjungan Panglima TNI ini tentunya juga sudah dipersiapkan dengan baik oleh pihak Atase Pertahanan KBRI Washington. Sehingga jika ada masalah maka sudah tentu pihak atase pertahanan akan berkoordinasi dan mengkomunikasikan sebelum keberangkatan rombongan dari Jakarta.

Dengan kata lain, insiden mencegah Gatot saat boarding dengan dasar ‘intra-agency info’ tentu agak mengherankan. Sejauh ini tidak ada indikasi yang menunjukkan bahwa insiden ini bermuatan politis ataupun terkait manuver Gatot belakangan ini.

Terlalu jauh untuk mengaitkan insiden ini dengan deklasifikasi arsip AS tentang insiden September 1965 ataupun Pilpres 2019. AS tentu saja akan ceroboh dalam menyampuri isu internal negara mitra strategis seperti Indonesia. Terlebih TNI juga memiliki hubungan baik dengan AS. Problem koordinasi antarlembaga internal di AS lebih terasa menjadi faktor dominan yang melatari insiden ini.

Oleh karena itu, langkah yang dilakukan Kementerian Luar Negeri dengan meminta klarifikasi adalah sudah tepat dan proporsional. Justru melebarkan insiden ini ke ranah politik dan hubungan bilateral dua negara adalah hal yang tidak perlu. Toh, pemerintah AS melalui Kedubes dan Menhannya pun sudah meminta maaf atas insiden ini. Ini menunjukkan sejatinya tidak ada masalah substansial yang menghinggapi pencekalan Gatot ke AS. Kalau memang ada isu krusial apalagi sensitif tentu tidak akan cepat penanganan dari sisi AS. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF