BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Kolumnis, Pemerhati Sosial
Tidak Mudah bagi Swasta Cari Modal Triliunan

Belajar dari sejarah, sejak banjir proyek infrastruktur di era Orba (sekolah, jalan, jembatan, kantor dan lain-lain) kontraktor nasional yang dapat proyek gagal "naik kelas". mengapa?

  1. Proyek sarat rente dan korupsi terstruktur (pungli, high cost) sehingga kecil peluang mengakumulasi aset dan keahlian.
  2. Ketergantungan kontraktor terhadap proyek pemerintah merupakan sistem yang sengaja diciptakan untuk kepentingan politik (penunjukan rekanan tanpa tender dan lain-lain).

Sekarang mestinya merupakan kesempatan bagi kontraktor swasta untuk terjun ke proyek skala menengah namun dengan catatan tidak ada "red tape" yang menyebabkan tak ada akumulasi keuntungan untuk peningkatan kapasitas.

Infrastruktur yang dikerjakan BUMN tergolong proyek besar dengan pendanaan yang besar pula. tidak mudah bagi kontraktor swasta untuk mencari modal triliunan rupiah, apalagi dengan pola investasi jangka panjang. BUMN sendiri mencari modal dengan cara sindikasi atau right issue dengan memanfaatkan pasar uang dalam negeri.

Penguatan kapasitas holding BUMN infrastruktur dapat dipacu dengan banyaknya proyek yang dikerjakan. tapi ini tidak otomatis karena sangat bergantung pada good governance dan kemampuan mengkonsolidasikan semua kekuatan diantara BUMN infrastruktur. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF