• Selasa, 9 Agustus 2022

Kereta Api Indonesia: Sebutir Ingatan yang Terselamatkan

- Jumat, 29 Juli 2022 | 18:30 WIB
Sumber Foto: Mohammad Sabri
Sumber Foto: Mohammad Sabri

Oleh: Mohammad Sabri, Dr., MA.
Direktur Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila

Hari ini, aku mencoba mengenang kembali dan "menapak tilasi" kebaikan Kereta Api Indonesia" (KAI), yang pernah membawaku--sebagai aktivis mahasiswa di era 80-an--dalam sebilah perjalanan panjang dan genting: Surabaya-Jakarta (Pasarturi-Gambir) yang memangsa waktu tempuh tak kurang dari 17 jam.

Perjalananku pagi ini, yang disaput lembut mentari dhuha, dimulai di detak waktu 09.20 wib. Dengan kereta eksekutif Argo Bromo Anggrek (ABA), aku pun bertolak dari Stasiun Pasarturi Surabaya ke Stasiun Gambir Jakarta, dalam satu lintas kenangan yang tak tunai dengan kalam.

Sekira, 33 tahun silam, KAI dengan manajemen "benang kusut" yang akut, sebagai aktivis mahasiswa, aku berbaur dengan masyarakat-publik menggunakan jasa kereta api yang membawaku dengan rute perjalanan sama: Surabaya-Jakarta.

Bagiku, KAI adalah "sahabat," juga "tugu ingatan" yang menyelamatkan serangkaian kenanganku di jagat aktivis mahasiswa yang penuh nafas idealisme. Di KA, suasana tak "nyaman" selalu mengepung dan menggedor ruang sadarku menyusul "kisah-peristiwa" yang berpaut: penumpang yang over load, akibatnya, koran menjadi alternatif spasial "mewah" untuk sekadar duduk dan "tidur" sepanjang perjalanan, bau pesing toilet yang menyengat hingga ke ubun-ubun, udara panas-pengap yang mengerkah tubuh dan jiwa, paduan "suara bising" penjaja aneka makanan dan minuman hangat-dingin yang berlomba sengit merebut pangsa 'pasar', dst..dst.

Sepanjang perjalanan Surabaya-Jakarta, sebab itu, tak sedikit kisah "indah" yang mekar-berkelindan: gerah, bising, pesing, gaduh, sumpek, raungan suara KA yang genit, jenaka, dan juga rindu-dendam yang bertalu.

"Apel, apel, apel". "Aqua, qua, qua..". "Dodol, dodol., doool", "teh dingin, sprite dingin, kopi anget", "nasi kuning, nasi rames".."kacang, kacang, kacang"...

Di celah dentuman perang "suara" dan seteru hasutan-rayu strategi-promotif para penjaja makanan dan minuman yang menggema di seluruh gerbong, tiba-tiba segenap "kisah-peristiwa" di gerbong itu bermetamorfosis dalam benak dan jiwaku: menjelma orkestra laksana kidung-kidung yang melodius apik-harmoni, dan eksotik. Sebagai mantan aktivis mahasiswa, sungguh, "pelbagai kisah-peristiwa" yang berlangsung "seru" di dan "bereksistensial" dalam gerbong, bagiku amsalkan "miatur kehidupan" yang mempersembahkan butir-butir mutiara-makna tak tepermanai.

Aku tersentak--dalam permenunganku (tepatnya, lamunanku) mengeja kembali jejak silam yang tersisa dalam ingatan--hari ini, di atas kereta eksekutif Argo Bromo Anggrek, "nuansa" yang hadir justru demikian kontras: gerbong-gerbong apik ber-AC, tersedia Wi-Fi dengan signal kuat, tempat duduk empuk-nyaman dan dapat distel untuk santai dan tidur, tawaran aneka makanan dan minuman dari "pramusaji" anggun yang mekarkan senyum kembang dan anyaman keramahan melati, tak kalah dari pramugari cantik perusahaan-perusahaan maskapai kita, toilet bersih, tersedia TV, fitting charge hp, dan juga kembang segar di samping pintu lintas-gerbong, terjepit indah.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Pertumbuhan Negeri Khayal dan Ilusi Deflator

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 13:30 WIB

Tambang Kehancuran

Jumat, 11 Februari 2022 | 07:00 WIB

BRI Kendari Kucurkan KUR Usaha Ikan Asap

Rabu, 9 Februari 2022 | 18:15 WIB

Siapa Pasangan Ideal Anies?

Rabu, 9 Februari 2022 | 10:30 WIB

Dari Demokrasi Elite ke Demokrasi Akar Rumput

Senin, 7 Februari 2022 | 17:35 WIB

Berebut Anies Baswedan

Kamis, 3 Februari 2022 | 11:10 WIB

Terlempar Dari PBNU, Akankah Suara PKB Gembos?

Rabu, 2 Februari 2022 | 09:30 WIB

Anies Menguat, Semua Merapat

Senin, 31 Januari 2022 | 21:00 WIB

Indonesia Akan Dikepung Relawan Anies

Kamis, 27 Januari 2022 | 13:10 WIB

Mampukah PKS Menjadi Partai Papan Atas?

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:05 WIB

Spiderman dan Lapang Merdeka Kota Sukabumi

Senin, 24 Januari 2022 | 13:45 WIB

Gravitasi Versus Gratifikasi

Senin, 24 Januari 2022 | 10:15 WIB

Manuver Cawapres Tak Kalah Gesit Dengan Capres

Selasa, 18 Januari 2022 | 09:15 WIB

Prabowo Gagal Nyapres, Gerindra Nyungsep

Senin, 17 Januari 2022 | 10:15 WIB
X