• Rabu, 30 November 2022

Celotehan 'Sayang' di Tengah RDP, Rocky Gerung Ragukan Keseriusan Komisi III DPR RI Bahas Kasus Brigjen J

- Minggu, 28 Agustus 2022 | 23:30 WIB
Sumber: YouTube.com/ Rocky Gerung Official
Sumber: YouTube.com/ Rocky Gerung Official

Watyutink.com - Pengamat politik, Rocky Gerung, meyakini kedisiplinan Komisi III DPR RI tidak terlihat dengar terdengarnya kata 'sayang' dari telepon genggam anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Al Habsyi, di tengah Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kapolri terkait pengusutan kasus Brigadir J.

Sebelumnya, Aboe Bakar mengakui panggilan yang masuk tersebut datang dari berasal dari salah keluarganya. Aboe menjelaskan bahwa suara tersebut merupakan istrinya

"Aboe ini datang dari partai yang kuat etikanya. MKD mungkin mencatat beberapa 'kenakalan' yang dibuat beliau, udah beberapa kali. Tapi ini kenakalan yang bisa mempengaruhi cara publik 'loh ini gak serius banget' karena ini situasi yang menegangkan masyarakat," jelas Rocky Gerung pada Minggu (28/8) di channel YouTubenya.

Rocky menganggap insiden ini juga memupuskan harapan masyarakat agar Komisi III menjadi kekuatan pendorong untuk memunculkan kebenaran di tengah simpang siur pengusutan kasus ini.

"Komisi III harusnya menjadi kekuatan pendorong dari luar sistem peradilan. Sangat mungkin orang berpikir nanti yang masuk sistem peradilan itu saling menutupi (skenario lain), sehingga tidak terbuka sepenuhnya." jelas Rocky.

"Ini kasus bukan hanya kriminalitas, tapi ada aspek lain seperti judi, sehingga publik khawatir ada upaya saling melindungi. Jangan puja puji, tapi Komisi III harus cegah upaya kongkalikong," tambah Rocky.

Rocky Masih Simpan Harapan Bagi Komisi III DPR RI

Rocky Gerung meyakini ada 'emas di antara puing-puing' di dalam Komisi III, namun setelah peristiwa ini, Rocky mengkhawatirkan publik beranggapan Komisi III sebagai 'tukang negosiator'.

"Kesadaran etis justru harus muncul di tengah situasi yang membutuhkan pendalaman radikal sehingga reformasi polisi nanti serta diikuti reformasi DPR, terutama di Komisi III, bagi publik mereka inginkan ada perubahan di antara hubungan DPR dan kepolisian," jelas Rocky

Penggalan Kata 'Sayang' Munculkan Kericuhan Di Tengah RDP

Aboe Bakar menerima dua aduan akibat menerima panggilan di tengah RDP dengan Kapolri. Yang pertama, pengaduan oleh Bagues Yoga Nandita atas dugaan pelanggaran etik pada Kamis (25/8). Kemudian laporan kedua dilayangkan oleh DPP Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB), Jumat (26/8). Laporan itu kemudian diterima oleh MKD DPR.

Aboe menganggap tidak ada yang salah dengan menerima telepon dari istri sendiri.

"Silakan saja yang mau mengadu ke MKD, silakan saja. Karena MKD tempat posisi untuk melaporkan. Dari segi aturan main etika, tidak ada. Karena kita nerima," ujar Aboe, Sabtu (27/8)

 

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Donald Trump Resmi Ikut Pilpres AS 2024

Rabu, 16 November 2022 | 11:45 WIB

Jokowi: Kelihatannya Setelah Ini Jatahnya Prabowo

Senin, 7 November 2022 | 21:44 WIB

Hasil Pilpres Brasil: Lula Kembali Berkuasa

Senin, 31 Oktober 2022 | 10:00 WIB

NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024

Senin, 3 Oktober 2022 | 13:01 WIB

Presiden Jokowi Teken Keppres Pemecatan Ferdy Sambo

Jumat, 30 September 2022 | 19:10 WIB

Ini Tekad Edi Prasetyo Pasca Anies Baswedan Lengser

Rabu, 14 September 2022 | 16:00 WIB

Breaking News! Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 06:20 WIB

Direktur LSI: Lembaga Penegak Hukum Mulai Perbaiki Citra

Minggu, 4 September 2022 | 16:45 WIB
X