• Minggu, 2 Oktober 2022

Kunjungi Kelompok Tani Harapan Simpang Tigo, Erros Djarot Bela Petani Korban Perampasan Tanah

- Minggu, 4 September 2022 | 14:50 WIB
Sumber Foto: YouTube KantahKabPasamanBarat
Sumber Foto: YouTube KantahKabPasamanBarat

Watyutink.com - Erros Djarot dan Budiardjo, Ketua Forum Korban Mafia Tanah Indonesia (FKMTI), kunjungi Kelompok Tani Harapan Simpang Tigo yang melaporkan tanahnya diduga dirampas oleh perusahaan Group Wilmar di Jorong Simpang Tigo Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabubaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

"Terima kasih sudah sampai di ranah minang, Abang Erros, bersama Mas Budiardjo Ketua FKMTI. Setelah pemberian gelar Sangsako Adat dari ninik mamak dan pucuk adat kepada Bang Erros, kami akan bersama-sama ke lokasi perkebunan Kelompok Tani Harapan Simpang Tigo yang tanahnya dirampas Group Wilmar," sambut Datuk Syahrul Ramadan Tanjung Sinaro Pangulu Basa ninik mamak Pasaman, mewakili Kelompok Tani Harapan Simpang Tigo.

Menurut Datuk Syahrul, tanah Kelompok Tani Harapan Simpang Tigo diduga dirampas oleh PT Primatama Mulia Jaya PT PMJ di bawah OT AMP Plantation/ Group Wilmar berlokasi di Luhak Saparampek Simpang Tigo Kota Baru Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Modus perampasan tanah yang diduga dilakukan adalah merusak hutan ulayat dan membuat lenklering serta menghilangkan tanda batas alam dan patok BON (patok batas tanah, red).

Rekayasa yang dilakukan Perampasan Tanah adalah: “Merusak hutan ulayat adat dan membuat lengklering serta menghilangkan tanda tanda batas alam dan bahkan patok BON dihilangkan,” tulis Datuk Syharul pada Form Pengaduan FKMTI.

Tanah yang diduga dirampas itu diperkirakan bernilai Rp492 milar.

Menurut Datuk Syahrul Tanjung masalah perampasan tanah ini sudah berlangsung kurang lebih selama 20 tahun. Selama ini sudah dilakukan proses hukum yang berupa mediasi pemerintah daerah dan atau Kepolisian Resort Pasaman.

Selain itu, Datuk Syahrul juga menyatakan bahwa tanah yang disengketakan ini belum dilaporkan dalam Amnesty Pajak.

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Presiden Jokowi Teken Keppres Pemecatan Ferdy Sambo

Jumat, 30 September 2022 | 19:10 WIB

Ini Tekad Edi Prasetyo Pasca Anies Baswedan Lengser

Rabu, 14 September 2022 | 16:00 WIB

Breaking News! Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 06:20 WIB

Direktur LSI: Lembaga Penegak Hukum Mulai Perbaiki Citra

Minggu, 4 September 2022 | 16:45 WIB

Anies Baswedan Mulai Diterima Kalangan Nadhlatul Ulama

Kamis, 1 September 2022 | 11:00 WIB

PPP Terancam Tak Capai Ambang Batas Parlemen, Mengapa?

Kamis, 1 September 2022 | 09:48 WIB
X