• Minggu, 25 September 2022

Buat Perlintasan Khusus, Kontraktor Tol Sibanceh Akomodasi Satwa Liar

- Minggu, 4 September 2022 | 17:09 WIB
Pembangunan jalan tol Sibancah akomodasi  perlintasan satwa liar (Sarwani/Watyutink.com)
Pembangunan jalan tol Sibancah akomodasi perlintasan satwa liar (Sarwani/Watyutink.com)

Watyutink.com -- Pembangunan jalan tol di tiap wilayah memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri. Begitu pula dengan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) sepanjang 74 kilometer (km) yang merupakan ruas tol paling barat Indonesia.

Selain jalurnya yang menantang melalui gunung dan lembah, salah satu ruas tol Trans Sumatera itu dalam pengerjaannya juga mengakomodasi kearifan lokal seperti tidak bekerja di waktu tertentu.

Hal yang paling unik dan belum pernah ada pada pembangunan jalan tol sebelumnya yakni memberi akomodasi di beberapa ruas tol yang diyakini sebagai tempat perlintasan satwa liar seperti gajah, reptil dan primata.

“Dalam membangun tol Sibanceh, Adhi Karya sebagai kontraktor juga mengakomodasi keberadaan satwa liar sebagai komitmen perseroan untuk tetap melestarikan alam,” kata Direktur Proyek PT Adhi Karya untuk pembangunan Tol Sibanceh, Rony Kusumanegara di Banda Aceh akhir pekan lalu.

Menurut Rony, Tol Sibanceh sangat ramah dan mengakomodasi kepentingan satwa atau binatang seperti gajah, reptile dan primata yang menghuni hutan di sekitar jalan tol.

 “Kami bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup setempat untuk memberikan fasilitas perlintasan bagi satwa untuk menyeberangi jalan tol secara aman dan lancar,” katanya. 

Satwa tersebut dibangunkan fasilitas berupa pintu perlintasan khususnya gajah di stasiun kilometer 13. Pertimbangan membuat perlintasan, karena gajah mempunyai kebiasaan akan selalu melintas di tempat biasa mereka lewat.

Kalau gajah dibuatkan perlintasan berupa terowongan, maka berbagai satwa seperti reptil, baik ular maupuan kadal dibuatkan perlintasan khusus yang sudah dikonsultasikan dengan dinas lingkungan hidup.

Sedangkan, satwa seperti Primata jalurnya dibangun melintas di atas jalan tol. Saat ini sudah dibangun dua stasiun perlintasan satwa yakni di KM 9 dan KM 13.

Pelestarian Alam

Halaman:

Editor: Sarwani

Tags

Terkini

X