• Selasa, 31 Januari 2023

Mengenal Sekilas Aksara Pegon yang Akan Didaftarkan ke BSN

- Senin, 28 November 2022 | 16:30 WIB
Kitab Pegon/Ist
Kitab Pegon/Ist

Watyutink.com – Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) bersama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) akan mengajukan Aksara Pegon, Aksara Kawi, dan Aksara Lampung untuk didaftarkan ke BSN.

Sementara itu PANDI telah menyerahkan dokumen Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) untuk pembakuan fon dan papan ketik aksara Kawi dan Pegon ke BSN dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Hari ini, 28 November akan diadakan Rapat Teknis kedua bersama anggota Komisi Teknis (Komtek) 35-02 Komunikasi Digital. 

Aksara Pegon akan menjadi pembahasan utama pada Rapat Teknis kedua ini, sedangkan aksara Kawi sudah menjadi pembahasan utama pada Rapat Teknis pertama pada 3 Oktober silam.

Lantas apa itu Aksara Pegon?

Aksara Pegon

Seperti dikutip dari lirboyo net, Pegon, adalah sebuah metode penulisan literasi klasik yang diwariskan oleh para ulama Nusantara. Tradisi menulis dengan aksara Arab yang dimodifikasi (Arabic modified script) ini pertama kali dikenal dan tumbuh sejak abad ke-16 dan terus berkembang dengan segala kompleksitasnya hingga abad ke-21.

Aksara ini aneh dan berbeda dengan yang lain. Walaupun dalam tulisannya, Aksara Arab Pegon memang berbentuk huruf-huruf Arab, namun bahasa yang menjadi isi dari tulisan tersebut adalah bahasa Jawa, Sunda, Madura, Indonesia dan bahasa-bahasa daerah yang berkembang di Indonesia. Karena itulah, aksara ini dinamakan Arab Pegon.

Dalam menulis Pegon, harokat tidak lagi digunakan, tetapi diganti dengan huruf vokal. Kecuali jika ada kerancuan bacaan maka perlu dibantu dengan harokat.

Selain itu, dalam aksara Pegon juga mengenal kata Serapan bahasa Arab adalah setiap kata yang berasal dari bahasa Arab tidak boleh ditulis Pegon, artinya harus ditulis sebagaimana aslinya, misalkan kata “Islam” ditulis sebagaimana mestinya.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Sony Gaet Ang Lee Garap Film Biopik Bruce Lee

Kamis, 1 Desember 2022 | 15:00 WIB
X