• Kamis, 8 Desember 2022

Inggris vs Iran: The Three Lions Pesta Gol 6-2

- Selasa, 22 November 2022 | 06:30 WIB
Ilustrasi: twitter.com/@FIFAWorldCup
Ilustrasi: twitter.com/@FIFAWorldCup

Watyutink.comInggris pesta gol ketika mengalahkan Iran di laga pembuka Grup B Piala Dunia 2022 yang dihelat di Khalifa International Stadium, Selasa (21/11/2022) malam WIB. The Three Lions menang menyakinkan dengan skor 6-2 atas Iran.

Gol-gol Inggris masing-masing dicetak oleh Jude Bellingham pada menit ke35, dua gol oleh Bukayako saka (menit ke-43 dan 62), Raheem Sterling (45+1), Marcus Rashford (71), dan Jack Grealish (90). Sedangkan dua gol balasan Iran dicetak oleh Mehdi Taremi di menit ke-65 dan 90+3 (Penalti).

Dengan kemenangan ini, Inggris memimpin klasemen sementara Grup B dengan tiga poin. Sedangkan Iran di dasar klasemen tanpa nilai.

Jalannya Pertandingan

Pada awal babak pertama, Inggris sudah mulai menekan pertahanan Iran. Pada menit ke-3, Harry Maguire merasa dijatuhkan oleh Roozbeh Cheshmi di kotak penalti saat berusaha menyambut umpan sepak pojok Kieran Tripper. Namun menurut  wasit dan Video Assistant Referee (VAR) itu bukanlah sebuah pelanggaran.

Kiper Iran, Alireza Beiranvand harus keluar lapangan karena cidera di menit ke-8. Dia berbenturan dengan rekannya sendiri Majid Hosseini usai berhasil menghalau umpan silang Harry Kane. Beiranvand tak bisa melanjutkan laga dan digantikan oleh Seyed Hossein Hossein.

Inggris terus menekan pertahanan Iran. Bukayo Saka coba mengancam lewat sepakan jarak jauh pada menit ke-28. Namun bolanya terlalu lemah hingga mudah diamankan Hossein Hossein.

Dua menit kemudian, peluang Inggris kembali gagal. Tembakan Mount menyambut umpan Saka masih melebar tipis. Demikian juga peluang di menit ke-32. Tandukan Maguire menyambut sepak pojok belum membuahkan hasil karena masih membentur tiang.

Namun akhirnya Inggris bisa memecah kebuntuan pada menit ke-35. Sundulan Bellingham menyambut umpan Luke Shaw meluncur ke pojok kiri gawang Iran. Inggris unggul 1-0 atas Iran.

Di menti ke-43, Inggris bisa menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Sepakan kencang Saka tak berhasil diantisipasi kiper Iran, Hossein.

Inggris menambah keunggulan menjadi 3-0 di penghujung laga babak pertam. Bola sepakan Raheem Sterling menyambut umpan Harry Kane berhasil masuk ke gawang Iran.

Skor tidak berubah 3-0 untuk keunggulan Inggris hingga babak pertama usai.

Pada awal babak kedua, Iran berusah bangkit menyerang untuk mengejar ketertinggalan. Namun justru kebobolan lagi di menit ke-62 lewat Bukayako Saka.

Iran mampu memperkecil ketertinggal lewat  Mehdi Taremi yang menuntaskan umpan Ali Gholizadeh untuk menggetarkan jala Inggris tiga menit berselang. Skor berubah menjadi 4-1 untuk keunggulan Inggris.

Inggris menambah keunggulannya 5-1, lewat pemain pengganti Marcus Rashford di menit ke-71.

Inggris masih bisa menambah satu gol lagi pada menit ke-89 melalui Jack Grealish.
Iran mendapat hadiah penalti di menit akhir tepatnya menit ke-90+3. Taremi yang mengeksekusi penalti yang gagal diantisipasi Jordan Pickford. Skor menjadi 6-2 untuk keunggulan Inggri yang tidak berubah hingga laga usai.

Susunan Pemain

Inggris: Jordan Pickford; Kieran Trippier, John Stones, Harry Maguire (Eric Dier 70'), Luke Shaw; Jude Bellingham, Declan Rice; Bukayo Saka (Marcus Rashford 70'), Mason Mount (Phil Foden 71'), Raheem Sterling (Jack Grealish 70'); Harry Kane (Callum Wilson 70').

Iran: Alireza Beiranvand (Hossein Hossein); Sadegh Moharrami, Roozbeh Cheshmi (Mohammad Hosssin Kanan 46'), Majid Hosseini, Morteza Pouraliganji, Milad Mohammadi (Mehdi Torabi 63'); Alireza Jahanbakhsh (Ali Gholizadeh 46'), Ehsan Hajisafi, Ali Karimi (Saeid Ezatollahi 46'), Ahmad Noorollahi; Mehdi Taremi.

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

X