• Kamis, 8 Desember 2022

Pastikan Timnas Gunakan Stadion Patriot untuk Piala AFF, PSSI: Kita Belum Biasa di JIS

- Selasa, 22 November 2022 | 10:30 WIB
Stadion Patriot Chandrabraga di Kota Bekasi bakal jadi markas Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2022  (Instagram @stadionpatriot)
Stadion Patriot Chandrabraga di Kota Bekasi bakal jadi markas Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2022 (Instagram @stadionpatriot)

Watyutink.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya menyatakan bakal menggunakan Stadion Patriot Chandrabraga Bekasi sebagai home base Tim Nasiona (Timnas) Indonesia saat berlaga di ajang Piala AFF Desember 2022-Januari 2023. Pernyataan tersebut sekaligus menjawab teka-teki apakah Timnas Indonesia benar-benar akan bermarkas di Jakarta International Stadium (JIS) selama berlaga di Piala AFF.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan mengatakan Stadion Patriot Chandrabraga dinilai paling siap menggelar pertandingan kejuaraan sepak bola antar negara-negara Asia Tenggara atau Asean itu. Terlebih stadion berkapasitas 30.000 penonton yang terletak di pusat Kota Bekasi, Jawa Barat itu sudah beberapa kali menggelar pertandingan internasional. Salah satunya adalah Kualifikasi Piala Asia U-19 2022 beberapa waktu lalu.

Saat memberikan keterangan Senin 21 November 2022, Endri juga menyinggung soal batalnya Timnas Garuda bermarkas di JIS selama melakoni gelaran Piala AFF. Endri mengungkapkan alasan tidak menggunakan stadion di Jakarta Utara itu lantaran belum terbiasa. PSSI menurut Endri khawatir stadion berkapasitas 82.000 penonton itu tidak siap menggelar pertandingan internasional.

"Kalau untuk JIS, pertama kita belum pernah pakai pertandingan di sana ya. Jadi belum terbiasa. Apalagi ini kelasnya sudah Asia Tenggara, takutnya kita belum siap untuk melaksanakan di sana," kata Endri.

Sebenarnya PSSI berharap Timnas Indonesia menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk Piala AFF. Namun stadion di Senayan, Jakarta itu tidak bisa digunakan. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan SUGBK harus steril selama 6 bulan untuk persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada Mei-Juni 2023 mendatang.

Sempat tersiar kabar Timnas Garuda akan menggunakan JIS atau Stadion Pakansari Bogor. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule sempat menyatakan mempertimbangkan menggunakan JIS. Namun pernyataan Endra seolah menegaskan Timnas tidak akan menggunaka stadion yang baru diresmikan pada Juli 2022 itu.

Jakarta International Stadium (JIS) (Instagram @jakartainternasionalstadium)

"Jadi karena teman-teman panitia sudah terbiasa melaksanakan di Stadion Patriot dan beberapa stadion yang lain, mungkin lebih amannya kami pilih untuk bermarkas di sana dulu," tutur Endri.

Sesuai jadwal Piala AFF akan berlangsung sejak 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Pada kejuaraan yang dulu bernama Piala Tiger itu Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X