• Rabu, 30 November 2022

Jerman vs Jepang: Tim Panser Takluk dari Samurai Biru

- Kamis, 24 November 2022 | 07:00 WIB
Sumber: twitter.com/@FIFAWorldCup
Sumber: twitter.com/@FIFAWorldCup

Watyutink.comJepang mencatat sejarah, berhasil menundukkan Jerman dalam pertandingan Piala Dunia grup E yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Samurai Biru menang 2-1 setelah tertinggal lebih dulu di babak pertama.

Gol Jerman dihasilkan di babak pertama, sementara gol balasan sekaligus kemenangan Jepang semuanya terjadi di babak kedua. Gol Jerman dihasilkan lewat eksekusi penalti IIkay Gundogan di menit ke-33, sedangkan dua gol Jepang dicetak masing-masing oleh Ritsu Doan di menit ke-75 dan Takuma Asano di menit ke-83.

Dengan kemenangan ini Jepang berada di posisi kedua, di bawah pemuncak klasemen Spanyol yang pesta gol ke gawang Kosta Rika. Sedangkan Jerman berada di posisi ketiga di atas Kosta Rika yang menjadi juru kunci grup E.

Jalannya Pertandingan

Jerman memulai pertandingan dengan aksi tutup mulut saat sesi foto tim. Hal ini dilakukan sebagai simbol penolakan larangan kampanye One Love oleh FIFA.

Sebenarnya Jepang sudah bisa membobol gawang Jerman lewat serangan balik cepat delapan menit pertandingan berjalan. Namun, gol tersebut dianuli wasit karena Daizen Maeda lebih dulu offside.

Jerman tidak tinggal diam dan balik membuat peluang pada menit ke-20. Namun, bola sepakan rebound Ilkay Guendogan masih melenceng dari mulut gawang.

Di menit ke-33, Jerman mendapat hadiah tendangan penalty, setelah David Raum dijatuhkan kiper Jepang, Shuichi Gonda, di kotak terlarang.

Guendogan yang maju sebagai eksekutor penalti Jerman berhasil menuntaskan menjadi gol. Jerman unggul 1-0 atas Jepang.

Walau beberapa peluang terjadi, namun tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama usai. Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Jerman atas Jepang.

Pada babak kedua, intensitas serangan kedua tim tetap sama. Peluang Jerman untuk menambah gol gagal di menit ke-60, Bola sepakan Guendogan masih membentur tiang gawang.

Kiper Jepang, Shuichi Gonda, melakukan penyelamat  gemilang pada menit ke-71. Kiper Jepang itu membendung dua peluang emas Serge Gnabry.

Sebaliknya dua menit berselang giliran kiper Jerman, Manuel Neuer yang melakukan penyelamatan gemilang. Neur menepis bola tendangang on target Wataru Endo.

Namun akhirnya Jepang berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-75. Ritsu Doan menyambar bola muntah tepisan Neuer. Skor sama kuat 1-1.

Delapan menit kemudian, di menit 83, Jepang menambah gol sekaligus membalikkan keadaan. Takuma Asano mendapat bola lambung, sebelum menaklukkan Neuer dari sudut sempit. Skor menjadi 1-2 untuk keunggulan Jepang atas Jerman.

Jerman terus berusaha mengejar ketertinggalan, namun selalu gagal oleh solidnya pertahanan Jepang. Skor tetap tidak berubah 1-1 untuk keunggulan Jepang atas Jerman hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain

Jerman: Manuel Neuer; Niklas Sule, Antonio Ruediger, Nico Schlotterbeck, David Raum; Joshua Kimmich, Ilkay Guendogan (Leon Goretzka 67'); Serge Gnabry (Youssoufa Moukoko 90'), Thomas Mueller (Jonas Hofmann 67'), Jamal Musiala (Mario Goetze 79'); Kai Havertz (Niclas Fullkrug 79').

Jepang: Shuichi Gonda; Yuto Nagatomo (Kaoru Mitoma 57'), Ko Itakura, Maya Yoshida, Hiroki Sakai (Takumi Minamino 74'); Ao Tanaka (Ritsu Doan 71'), Wataru Endo; Takefusa Kubo (Takehiro Tomiyasu 46'), Daichi Kamada, Junya Ito; Daizen Maeda (Takuma Asano 57').

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Kamerun vs Serbia: Banjir Gol, Imbang 3-3

Senin, 28 November 2022 | 19:30 WIB

Argentina vs Mexico: Tim Tango Menang, Messi Cetak Gol

Minggu, 27 November 2022 | 07:00 WIB

Portugal vs Ghana: A Selecao Taklukkan Black Stars 3-2

Jumat, 25 November 2022 | 07:00 WIB

Jerman vs Jepang: Tim Panser Takluk dari Samurai Biru

Kamis, 24 November 2022 | 07:00 WIB
X