• Minggu, 29 Januari 2023

Ditargetkan Bergulir 2 Desember 2022, BRI Liga 1 Gunakan 4 Stadion di DIY dan Jawa Tengah

- Senin, 28 November 2022 | 13:00 WIB
Stadion Maguwoharjo Sleman akan menjadi tuan rumah kompetisi BRI Liga 1  (Instagram @stadion_maguwoharjo)
Stadion Maguwoharjo Sleman akan menjadi tuan rumah kompetisi BRI Liga 1 (Instagram @stadion_maguwoharjo)

Watyutink.com – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus mengatakan pihaknya menargetkan kompetensi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, BRI Liga 1 bisa kembali bergulir pada 2 Desember 2022. Ferry menerangkan bergulirnya kembali Liga 1 sangat penting untuk kelangsungan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Terutama dalam menghadapi kejuaraan sepak bola antar negara-negara Asia Tenggara atau Piala AFF.

"Target kami 22 Desember 2022 selesai putaran pertama. Itu bagian dari asa kami untuk membantu Timnas bisa benar-benar leluasa. Teman-teman klub sudah sepakat tidak menghalangi pemain mereka ke Timnas,"ujar Ferry.

Saat memberikan keterangan Jumat 25 November 2022, Ferry menerangkan nantinya lanjutan BRI Liga 1 akan kembali menggunakan sistem bubble. Artinya kompetisi akan berlangsung secara terpusat di beberapa stadion saja.

Dipastikan lanjutan BRI Liga 1 akan menggukanan sistem setengah kompetisi dan bukan home and away. Selain itu BRI Liga 1 akan dimainkan tanpa kehadiran penonton.

Ferry mengungkapkan alasan menggunakan sister bubble dan tanpa penonton berdasarkan persetujuan pihak klub. Disamping sebagai implementasi regulasi baru pasca terjadinya Tragedi Kanjuruhan Oktober 2022 silam.

Stadion Jatidiri Semarang menjadi salah satu lokasi pertandingan BRI Liga 1 (Instagram @jatidirisemarang)

Guna memuluskan rencana tersebut, mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta ini telah menggelar pertemuan dengan pihak terkait, seperti PSSI, Kementerian PUPR, Kemenkes, Kepolisian, dan seluruh perwakilan dari tim BRI Liga 1 2022/2023. Pertemuan di Hotel Sultan, Jakarta pada Kamis 24 November 2022 itu membahas tentang Sosialisasi Peraturan Penanganan Penyelenggaraan Kompetisi Sepakbola.

Ferry menjelaskan pertemuan tersebut menghasilkan keputusan Liga 1 akan menggunakan 4 stadion yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Keempat stadion itu adalah Stadion Maguwaharjo Sleman, Stadion Sultan Agung Bantul, Stadion Jatidiri Semarang, dan Stadion Moch Subroto Magelang.

Persiba Bantul, Sultan Agung, stadion PSIS Semarang, Jatidiri, dan stadion PPSM Magelang, Moch. Soebroto.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Piala FA: Manchester United Tundukkan Reading 3-1

Minggu, 29 Januari 2023 | 07:15 WIB
X