• Minggu, 29 Januari 2023

Pembahasan Belum Usai, PT LIB Pastikan BRI Liga 1 Batal Kick Off 2 Desember 2022

- Rabu, 30 November 2022 | 16:30 WIB
Kompetisi BRI Liga 1 dipastikan batal kick off pada 2 Desember 2022
Kompetisi BRI Liga 1 dipastikan batal kick off pada 2 Desember 2022

Watyutink.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kompetisi sepak bola kasta tertinggi tanah air, BRI Liga 1 batal kembali bergulir pada 2 Desember 2022. Keputusan tersebut disampaikan Direktur Utama (Dirut) PT LIB Ferry Paulus, Selasa 29 November 2022.

Dalam keterangannya, Ferry mengatakan sampai saat ini para pemangku kepentingan atau stakeholder masih melalukan penelaahan tahapan-tahapan penyelenggaraan sepakbola seperti yang diatur di Peraturan Kepolisian (Perpol). Rapat terakhir yang dilakukan PT LIB dengan para stakeholder, yakni Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Kepolisian baru dilakukan pada Selasa 29 November 2022 di Mabes Polri.

"Jadi kami belum bisa bicara tanggal ‘kick off’ (lanjutan BRI Liga 1) seperti tanggal 2 (Desember 2022) atau 3, 4 dan seterusnya karena memang ada tahapan verifikasi yang mesti dilalui. Apalagi ada beberapa stadion yang selama ini belum disurvei,” ujar Ferry.

Dalam rapat di Mabes Polri, terdapat beberapa hal yang disepakati, yakni penerapan Perpol Nomor 10 Tahun 2022 harus lebih dimatangkan. Pasalnya Perpol 10/2022 adalah hasil dari evaluasi keamanan dan pengamanan pertandingan sepak bola.

Perpol yang berisi 35 pasal itu ditetapkan pada 28 Oktober 2022 pasca terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan 135 orang meninggal dunia. Itulah sebabnya Perpol 10/202 mengatur segala sesuatu terkait penyelenggaraan pertandingan sepak bola, mulai dari pra-kegiatan hingga pasca-kegiatan pertandingan sepakbola.

Ferry menuturkan dalam beberapa hari ke depan ada beberapa hal yang harus dikerjakan PT LIB. Diantaranya adalah melakukan verifikasi tentang beberapa tahapan mengenai Perpol 10/2022. Verifikasi akan melibatkan beberapa pihak, seperti Kepolisian, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Setelah proses verifikasi rampung, lanjut Ferry, barulah diperoleh kepastian kapan kick off BRI Liga 1 akan dilakukan. Mantan Direkrur Olahraga Persija Jakarta ini menyatakan pihaknya harus melakukan semua tahapan tersebut.

"Apalagi verifikasi pertama di mana selama ini belum ada peraturan polisi yang baru, sehingga perlu ada teknis yang kami lakukan dalam kaitannya dengan beberapa hal yang harus dilakukan verifikasi," ujarnya.

Direkrur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus (Instagram @ferrypaulus22)

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Piala FA: Manchester United Tundukkan Reading 3-1

Minggu, 29 Januari 2023 | 07:15 WIB
X