• Minggu, 29 Januari 2023

Prancis vs Polandia: Mbappe Cetak Brace, Bawa Les Bleus Melaju ke Perempat Final

- Senin, 5 Desember 2022 | 07:00 WIB
Sumber: Twitter.com/@FIFAWorldCup
Sumber: Twitter.com/@FIFAWorldCup

Watyutink.com – Pada pertandingan ketiga fase knockout, babak 16 besar Piala Dunia 2022, saling berhadapan Juara Grup D, Prancis melawan Polandia yang merupakan runner-up Grup C.

Laga Prancis vs Polandia berlangsung di Al Thumama Stadium, Minggu (4/12/2022) malam WIB. Hasilnya, Les Bleus berhasil menaklukkan Si Putih-Merah, Polandia dengan skor 3-1, sekaligus berhak melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Gol-gol kemenangan Prancis masing-masing dicetak oleh pemain gaeknya Oliver Giroud di menit ke-44, dan pemain bintangnya Kylian Mbappe yang mencetak Brace di menit ke-74 dan 91+1. Polandia memperkecil kedudukan lewat eksekusi penalti mesin golnya Robert Lewandowski di penghujung laga, menit ke-90+9.

Jalannya Pertandingan

Pada awal babak pertama, Prancis langsung memegang kendali permainan. Dalam rentang 10 menit saja Prancis sudah menghasilkan tiga tendangan sudut.

Beberapa kali percobaan Prancis masih bisa digagalkan kiper Polandia Wojciech Szczesny.

Polandia tidak tinggal diam dan balas menyerang. Robert Lewandowski merebut bola di depan kotak penalti Prancis dan melepaskan tembakan. Namun sayannya masih menyamping dari gawang Hugo Lloris.

Sebalik Prancis balas menekan. Namun tembakan Jules Kounde masih mengarah ke pelukan Szczesny. Demikian juga tembakan Kylian Mbappe masih bisa ditepis Szczesny.

Polandia mendapat peluang melalui Piotr Zielinski. Namun tembakannya masih diblok Hugo Lloris. Bola muntah kembali disambar Zielinski, tapi membentur Theo Hernandez. Jakub Kaminski memanfaatkan bola rebound dengan melepaskan tembakan ke gawang, tapi dihalau Raphael Varane di depan gawang.

Akhirnya Prancis bisa menjebol gawang Szczesny melaui penyerang gaeknya, Olivier Giroud. Giroud yang menerima bola dari Mbappe di menit ke-44, mampu melewati kawalan bek Polandia, dan berhasil menyarangkan bola ke gawang Szczesny.

Prancis unggul 1-0 atas Polandia hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Prancis langsung mengambil inisiatif menekan pertahanan Polandia. Sebuah peluang yang didapat Ousmane Dembele masih bisa digagalkan Szczsny.  Demikian juga tendangan Antoine Griezmann masih bisa ditepis Szczesny.

Namun akhirnya Prancis mampu menambah keunggulan melalui pemain bintangnya, Mbappe pada menit ke-74. Dembele memimpin serangan balik, dan memberi bola kepada Mbappe yang ada di sisi kiri. Mbappe yang cukup leluasa kemudian melepaskan tembakan kaki kanan untuk menaklukkan Szczesny.

Tidak berhenti di situ saja, Mbappe kembali menjebol gawang Polandia di injury time. Menerima bola dari Marcus Thuram, Mbappe kemudian melepaskan tembakan keras ke pojok atas gawang tanpa bisa dijangkau Szczesny. Pancis unggul 3-1 atas Polandia

Polandia akhirnya mendapat gol hiburan, setelah mendapat penalti pada menit ke-90+6 menyusul handball Dayot Upamecano.

Sebenarnya tendangan penalti Lewandowski sempat digagalkan oleh Hugo Lloris. Namun dibatalkan wasit, karena menilai Lloris melewati garis gawang sebelum penalti dilakukan. Akhirnya, pada kesempatan kedua Lewandowski berhasil menjebol gawang Prancis yang dijaga Lloris untuk memperkecil ketertinggalan Polandia menjadi 3-1.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Piala FA: Manchester United Tundukkan Reading 3-1

Minggu, 29 Januari 2023 | 07:15 WIB
X