• Minggu, 29 Januari 2023

Kroasia Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022, Taklukkan Jepang Lewat Adu Penalti

- Selasa, 6 Desember 2022 | 06:00 WIB
Sumber: Twitter.com/@FIFAWorldCup
Sumber: Twitter.com/@FIFAWorldCup

Watyutink.com – Pada pertandingan kelima fase knockout, babak 16 besar Piala Dunia 2022, saling berhadapan Juara Grup E, Jepang melawan Kroasia yang merupakan runner-up Grup F.

Laga Jepang vs Korea berlangsung di Al Janaoub Stadium, Senin malam hingga Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. Hasilnya, Kroasia berhasil menang lewat adu penalti atas Jepang, setelah  bermain imbang 1-1 di pertandingan normal dan babak extra time, serta berhak melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Gol Kroasia dicetak oleh Ivan Perisic di menit ke-55. Sedangkan gol Jepang dilesakkan oleh Daizen Maeda di menit ke-43.

Pada adu penalti, Kroasia menang 3-1 atas Jepang. Jepang hanya berhasil melesakkan satu gol, sedang tiga penendang penalti lainnya mampu ditepis kiper Kroasia. Sebaliknya, tiga penendang penalti Kroasia berhasil dan hanya satu yang gagal.

Jalannya Pertandingan

Pada awal babak pertama, Jepang mengambil inisitif serangan. Peluang Jepang yang didapat Shogo Taniguchi di menit ketiga, gagal karena tandukannya masih melebar.

Kroasia langsung membalas di menit kesembilan ketika Takehiru Tomiyasu membuat kesalahan saat menguasai bola di sisi kanan pertahanan Jepang, sehingga direbut Ivan Perisic. Namun bola sepakannya masih bisa ditepis kiper Jepang

Pada menit ke-13, Jepang kembali  mendapat peluang, sayangnya Daizen Maeda tidak mampu menyambar umpan silang Junyo Ito yang diarahkan ke tiang jauh.

Kroasia terlihat kesulitan membongkar pertahan ketat Jepang. Sementara Jepang sering membahayakan Kroasia lewat serangan baliknya.

Di menit ke-40, Jepang kembali mendapat peluang mencetak gol lewat Daichi Kamada di menit ke-40. Sayangnya, bola sepakannya masih melayang di atas mistar gawang.

Akhirnya di menit ke-43, Jepang bisa membobol gawang Kroasia. Berawal dari crossing di sisi kiri yang dilepaskan Ritsu Doan, Bola sundulan Maya Yoshida, menyambut sepakan Ritsu Doan, disontek Maeda untuk mengubah skor jadi 1-0.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Piala FA: Manchester United Tundukkan Reading 3-1

Minggu, 29 Januari 2023 | 07:15 WIB
X