• Minggu, 29 Januari 2023

Brasil vs Korea Selatan: Tim Samba Menang Telak, Hadapi Kroasia di Babak Perempat Final Piala Dunia 2022

- Selasa, 6 Desember 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi: twitter.com/@FIFAWorldCup
Ilustrasi: twitter.com/@FIFAWorldCup

Watyutink.com – Pada pertandingan keenam fase knockout, babak 16 besar Piala Dunia 2022, saling berhadapan Juara Grup G, Brasil melawan Korea Selatan yang merupakan runner-up Grup H.

Laga Brasil vs Korea Selatan berlangsung di Stadium 974 – Ras Abu Aboud, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. Hasilnya, Tim Samba berhasil menaklukkan Taeguk Warriors dengan skor telak 4-1, sekaligus berhak melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 berhadapan dengan Kroasia.

Gol-gol kemenangan Brasil masing-masing dicetak oleh Vinicius Junior di menit ke-7, eksekusi penalty Neymar di menit ke-13, Richarlison di menit ke-29, dan Lucas Paqueta di menit ke-36. Sedangkan gol balasan Korea Selatan dicetak oleh Paik Seung-ho di menit ke-76. 

Jalannya Pertandingan

Pada awal babak pertama, Brasil langsung menekan pertahanan Korea Selatan. Hasilnya, Brasil langsung unggul satu gol pada menit ke-7. Raphinha merangsek di kanan dan mengirim umpan tarik yang diterima Vinicius Junior, yang langsung mengarahkan sepakan ke pojok kanan atas gawang. Brasil unggul 1-0.

Beberapa menit kemudian Brasil menambah keunggulan lewat hadiah penalti akibat pelanggaran terhadap Richarlison dimenit ke-13. Neymar sukses menjalankan tugasnya. Brasil unggul 2-0.

Korea mendapata peluang di menit ke-16. Namun bola sepakan Hwang Hee-chan dari jarak jauh mengarah ke pojok kanan atas gawang masih bisa ditepis Alisson Becker.

Pada menit ke-29, Brasil berhasil lagi mejebol gawang Korea Selatan. Kerja sama Marquinhos dan Thiago Silva berujung dengan umpan terobosan ke Richarlison, yang dengan tenang menaklukkan kiper Kim Seung-gyu.

Tujuh menit kemudian, di menit ke-36, Lucas Paqueta memperlebar selisih menjadi 4-0. Richarlison membawa bola, mengopernya ke Neymar dan bola diteruskan ke Vinicius. Vinicius lantas mengirim umpan tarik yang disambar oleh Paqueta.

Pada ujung babak pertama, di menit ke-45, hampir saja Brasil menambah keunggulannya. Umpan silang Raphinha disambar Paqueta di depan gawang, namun masih bisa ditepis Seung-gyu. Skor tidak berubah, Brasil unggul 4-0 atas Korea Selatan hingga babak pertama usai

Pada babak kedua , Korea Selatan yang jauh tertinggal langsung menebar ancaman pada menit ke-48. Namun bola masih bisa ditepis kiper Brasil, Alisson Becker.

Brasil langsung merespons pada menit ke-54. Tembakan Raphinha ditepis oleh kiper, lalu bola diamankan Richarlison dan dioper ke Vinicius. Namun sepakan Vinicius masih melebar.

Akhirnya Korea Selatan berhasil memperkecil ketertinggialan di menit ke-76 lewat Paik Seung-ho yang langsung melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang Brasil. Skor berubah menjadi 4-1 untuk keunggulan Brasil.

Tidak ada lagi gol yang tercipta walau ada beberapa peluang yag didapat Brasi setelahnya. Kedudukan tidak berubah, Brasil tetap unggul 4-1 atas Korea Selatan, yang bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Brasil melaju ke perempat final berhadapan dengan Kroasia yang mengalahkan Jepang di laga 16 besar Piala Dunia 2022 lainnya.

Laga perempat final antara Kroasia dengan Brasil akan dilangsungkan di Education Stadium, Jumat (9/12/2022) malam WIB.

Susunan Pemain

Brasil (4-2-3-1): 1-Alisson (PG); 2-Danilo, 4-Marquinhos, 3-Thiago Silva, 14-Eder Militao; 5-Casemiro, 7-Lucas Paqueta; 11-Raphinha, 10-Neymar, 20-Vinicius Junior; 9-Richarlison

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Piala FA: Manchester United Tundukkan Reading 3-1

Minggu, 29 Januari 2023 | 07:15 WIB
X