1 Desember 1956, Bung Hatta Mundur dari Jabatan Wakil Presiden RI
berita

01 December 2018 16:30
Hari ini, tepat 62 tahun yang lalu, atau 1 Desember 1956, Mohammad Hatta atau lebih dikenal Bung Hatta secara resmi mengundurkan diri  sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Jabatan yang telah diembannya selama 11 tahun. 

Kekosongan jabatan Wakil Presiden RI ini ternyata tidak langsung diisi, kosong dalam waktu yang lama. Barulah pada 1973 jabatan ini diisi lagi oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Namun, itu tak lagi di era Presiden Sukarno tapi di era Presiden Soeharto, Orde Baru.

Banyak spekulasi yang merebak dibalik pengunduran diri Bung Hatta. Ada yang menilai, ini merupakan akumulasi dari beberapa konflik yang terjadi antara dia dengan Bung Karno, menyangkut beberapa pandangan politik, bahkan sejak zaman pergerakan sebelumnya.

Walaupun mereka berbeda dalam pandangan politik, tapi tidak membuat hubungan pribadi antara keduanya terganggu. Ini dibuktikan dimana Bung Karno menjenguk Bung Hatta ketika dikabarkan sakit, serta memintanya berobat ke Swedia. Sebaliknya Bung Hatta tidak menyerang Bung Karno secara frontal terkait perbedaan pandangan politiknya.

Mudah-mudahan ini dicontoh bagi politikus kita saat ini.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir