10 Kejadian Penting Pada Tanggal 18 Juli
berita
Istimewa
18 July 2019 13:00
Tanggal 18 Juli hari ini, kebetulan Kamis tentu mengalami sejarah panjang. Bukan sejarah soal penamaan sebab, entah sudah berapa kali Kamis berulang di dunia ini. Setidaknya ada 2019 kali tanggal 18 Juli yang dilalui sejak memulai tahun Masehi. Nah untuk sekedar meringakan pikiran dan bersantai sejenak mari kita telusuri beberapa perkara penting yang terjadi pada tanggal 18 Juli.

Tahukah Anda, banyak kejadian penting terjadi pada tanggal 18 Juli?

Pada tahun 586 SM Raja Babel, Nebukadnezar II menghancurkan Yerusalem dan Bait Suci Salomo (Sulaiman). Pada masa ini terjadi penghancuran besar-besaran. Salomo atau Sulaiman terkenal dengan kebijaksanaannya dan pembangunan Bait Suci yang terkenal dan pada tanggal 18 Juli tahun 586 dimusnahkan tanpa ampunan.

Pemerintahan kaisar Nero yang terkenal dengan kekejamannya mendapatkan bencana besar. Roma dimusnahkan tidak terkendali dengan kebakaran besar-besaran. Dan anda tahu apa yang dilakukan oleh sang Kaisar Romawi, yaitu kaisar Nero? Sang Kaisar malah memainkan sajak dan bernyanyi sambil menyaksikan lautan api tersebut dari jarak yang aman. Seakan pasrah atau menikmati pemandangan, barangkali memang sudah sia-sia untuk berbuat apapun maka bernyanyi lebih baik.

Beranjak ke tahun 1195, terjadi juga peristiwa besar. Pertempuran Alarcos, penguasa Almohad Abu Yusuf Ya'qub al-Mansur mendapatkan kemengangan besar atas Raja Kastile Alfonso VIII. Pertempuran Alarcos merupakan pertempuran antara persekutuan antara Muwahidun (Almohad) pimpinan Khalifah Abu Yusuf Ya'qub Al-Mansur dengan beberapa kavaleri Kastilia pimpinan Pedro Fernández de Castro melawan Raja Kastilia Alfonso VIII. Perang ini terjadi di dekat Alarcos (Al-Arak dalam Bahasa Arab), di batas selatan Kerajaan Kastilia (Spanyol). Diperkirakan korban sekitar 250.000 jiwa.

Kelahiran Nelson Mandela yang melegenda juga terjadi pada 18 Juli 1918. Jika kita telisik tahun ini adalah awal pergerakan nasional di Indonesia. Nelson Rolihlahla Mandela adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan presiden sekaligus yang pertama terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Suatu gebrakan sosial politik pada masanya.

Tidak jauh dari 1918, pada tahun 1925 Adolf Hitler menerbitkan mahakaryanya, buku manifesto politik yang berjudul Mein Kampf. Buku ini ditulis oleh Hitler saat berada dalam penjara. Buku ini menggambarkan pandangan Hitler akan Jerman masa depan. Ia juga menggambarkan rencana masa depannya untuk bangsa Yahudi. Pada 1933 sebagian isi buku tersebut direalisasikan oleh Hitler.

Tahun 1936, seorang Jenderal bernama Francisco Franco dari Spanyol memberontak terhadap tanah airnya. Pemberontakan ini menandai mulainya perang sipil Spanyol.

Selanjutnya tahun 1994 terjadi pengeboman AMIA. Sebuah ledakan di Buenos Aires menghancurkan sebuah gedung markas beberapa organisasi Yahudi. Akibat peristiwa tersebut membunuh 85 orang dan melukai banyak lainnya. Masih pada tahun yang sama, dilakukan penutupan Piala Dunia FIFA yang dilaksanakan di Stadion Rose Bowl, Los Angeles, Amerika Serikat.

Untuk persitiwa di tanah air, tanggal 18 Juli 1961 didirikan suatu organisasi yang dinamakan Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Surakarta. Kedua, terjadi pengeboman hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton di kawasan Mega Kuningan, kota Jakarta Selatan pada tahun 2009. Akibatnya sembilan orang tewas dan 50 orang lainnya luka-luka.

Itulah beberapa peristiwa penting dan bersejarah pada tanggal 18 Juli di dunia.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar