14 November, Hari Diabetes Sedunia
berita
Sumber Foto : unihealth.com (gie/watyutink.com)
14 November 2018 16:15
Diabetes Mellitus adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti. Sayangnya penyakit  yang juga dikenal dengan sebutan Kencing Manis  ini jarang disadari sebagian besar masyarakat. Saat ini jumlah penderita diabetes melitus di Indonesia sekitar 10 juta jiwa. Terbanyak ke tujuh diseluruh dunia.

Tahukah Anda, 14 November telah ditetapkan World Health Organization (WHO) sebagai hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day (WDD).

Diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.  Padahal insulin adalah hormon yang mengatur gula darah dalam tubuh yang berakibat tubuh kelebihan gula darah.

Beragam penyakit bisa muncul akibat kelebihan gula darah. Beberpa organ tubuh bisa rusak akibat diabetes mellitus, seperti jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, dan sistem saraf. Itulah sebabnya diabetes mellitus dijuluki sebagai ‘ibu segala penyakit’.

Para ahli kesehatan menyakini gaya hidup adalah pemicu seseorang terkena diabetes mellitus, disamping juga faktor keturunan. Oleh karena itu salah satu cara agar terhindar dari penyakit mematikan ini adalah pola hidup sehat, menjaga pola makan, rajin berolah raga dan hindari merokok.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting