8 Tanda Usus Kotor, Bersihkan dengan Jus Pepaya dan Jeruk Nipis
berita

03 January 2022 15:30
Watyutink.com - Salah satu organ pencernaan yang sangat penting peranannya adalah usus. Organ tubuh ini bertugas mencerna makanan sebelum nantinya diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh. Begitu pentingnya fungsi usus menjadikan organ tubuh ini harus selalu dijaga kesehatannya. Hal ini guna menghindari gangguan yang bisa berakibat tidak baik bagi tubuh.

Salah satu cara menjaga kesehatan usus besar adalah dengan menjaga kebersihannya. Sebagai tempat mencerna makanan, dalam usus besar sangat dimungkinkan terdapat banyak sisa makanan. Jika tidak dibersihkan usus besar akan kotor dan terganggu kerjanya. Para ahli menyebut usus adalah tempat bagi 60 persen sistem imun. Selain itu usus juga mempunyai sistem saraf yang fungsinya mirip dengan otak. Artinya apa yang terjadi di usus bisa berpengarus secara langsung terhadap tubuh.

Itulah sebabnya penting bagi kita mengetahui tanda-tanda jika usus mengalami masalah, salah satunya jika usus kotor dan perlu dibersihkan. Sayangnya banyak yang tidak menyadari tanda-tanda tersebut. Akibatnya tanda-tanda tersebut bisa semakin parah dan berakibat negative.

Tahukah Anda, apa saja tanda-tanda usus kita kotor dan bagaimana membersihkannya?

Dikutip dari akun Instagram dr.zaidul,akbarjsr setidaknya terdapat 8 tanda usus kotor dan perlu dibersihkan. Tanda pertama terlihat di wajah, yakni munculnya jerawat dan bekas jerawat yang susah hilang. Muncul pertanyaan, apa hubungannya usus dan wajah? Usus yang kotor membuat sistem hormon tidak seimbang, reaksi peradangan berlebihan, dan proses regenerasi kulit melambat, termasuk pada bagian wajah. Akibatnya kulit terutama wajag jadi mudah jerawatan dan bekasnya susah hilang.

Tanda kedua adalah susah buang air besar (BAB). Usus adalah tempat makanan diproses dan dicerna. Itulah sebabnya organ tubuh yang terdapat di dalam perut ini membutuhkan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat. Mineral-mineral itu bisa diperoleh dari makanan. Selain itu kentut atau buang angina juga menjadi bau.

Kekurangan nutrisi bisa berakibat usus kotor hingga menggangu proses pencernaan. Proses usus membuang kotoran atau BAB jadi susah lantaran usus yang kotor sulit mencerna makanan. Selain menyebabkan susuah BAB, usus yang kotor juga menyebabkan mulut bau.

Usus kotor juga bisa ditandai dengan kondisi tubuh yang kerap merasa pegal-pegal, terutama saat bangun tidur di pagi hari. Hal ini lantaran usus kotor menyebabkan nutrisi tidak terserap dengan baik. Padahal otot-otot sangat membutuhkannya untuk pemulihan setelah beraktivitas seharian. Asam laktat yang terbentuk akibat aktivitsa tubuh juga jadi sulit dihilangkan dan menumpuk. Hal inilah yang memicu tubuh mengalami pegal saat bangun tidur.

Usus kotor juga menyebabkan tubuh malas bergerak dan beraktivitas. Kondisi ini lantaran nutrisi lambat sampai ke otak. Akibatnya otak jadi kurang aktif dan mood atau suasana hati menurun. Rasa malas semakin menjadi-jadi karena bakteri jahat dalam usus ikut mengeluar zat kimia yang juga menyebabkan tubuh menjadi malas beraktivitas.

Akibat otak kekurangan nutrisi, rangsangan ke sel-sel saraf juga menjadi terganggu. Akibatnya otak jadi susah konsentrasi dan fokus. Terhambatnya asupan mineral dan nutrisi oleh otak menjadikan kinerja dan fungsi saraf terganggu. Otak jadi susah berpikir.

Usus kotor juga menyebabkan hormon lapar-kenyang tidak seimbang. Selain itu, zat kimia yang dikeluarkan bakteri jahat dalam usus juga meningkatkan hormon lapar. Itulah sebabnya kondisi usus yang kotor menyebabkan seseorang sering merasa lapar. Kalau pun makan, tidak pernah merasa kenyang.

Usus kotor juga menyebabkan tubuh mudah terkena masuk angina. Hal ini karena zat kimia dan gas yang keluarkan bakteri jahat menumpuk di rongga pencernaan. Akibatnya perut jadi kembung dan mudah masuk angin.

Untuk membersihkan usus kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh disekitar. Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar membagikan resep membesihkan usus dengan memanfaatkan buah pepaya, jeruk nipis, dan madu.

Siapkan setengah buah pepaya matang atau sekitar 0,8 kilogram. Satu buah jeruk nipis ukuran sedang dan madu murni. Potong buah pepaya menjadi ukuran kecil-kecil. Bisa lansung di makan dengan terlebih dahulu diberi air perasan jeruk nipis. Saat memakannya usahakan mengunyah secara perlahan hingga benar-benar halus. Barulah ditelan.

Bisa juga dengan menjadikannya sebagai jus pepaya. Blender pepaya hingga halus. Sebelum diminum, campurkan air perasan jeruk nipis dan madu. Jika tidak ada jeruk nipis bisa juga diganti dengan lemon. Minum jus pepaya secara perlahan dan nikmati dengan baik. Jangan minum dengan sekali teguk atau glek. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, konsumsi buah atau jus pepaya itu di pagi hari saat perut masih kosong. Buah atau jus pepaya bisa digunakan sebagai sarapan pengganti nasi atau makanan lain.

Bagi yang memiliki masalah dengan lambung, perasan jeruk nipis bisa diganti dengan air jahe ditambah sedikit garam himalaya. Disarankan pula rutin melakukan puasa. Para ahli kesehatan menyebut berpuasa ditambah makan buah dan sayur bisa menyebabkan usus bersih dan cukup menerima nutrisi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF