Aneka Manfaat Terong, Sehatkan Jantung, Cegah Kanker, Hipertensi, Diabetes dan Pikun
berita
Terong/ Net
09 January 2021 15:00
Watyutink.com - Sampai sekarang masih banyak orang yang bingung, apakah terong termasuk sayuran atau buah. Padahal sejatinya terong adalah buah meski sering dimasak layaknya sayuran. Tidak salah jika orang mengolah terong sebagai sayuran. Pasalnya buah ini memiliki rasa yang lezat.

Terong sering disajikan dalam bentuk tumisan. Selain itu teronh juga diolah menjadi menu masakan berkuah santan. Namun terong lebih sering tampil sebagai lalapan bersama sambal dan menani ayam atau ikan goreng.

Ternyata terong tidak hanya lezat tapi juga sehat. Buah berbentuk panjang berwarna ungu atau hijau ini kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat terong bagi kesehatan?

Terong diketahui memiliki beragam kandungan nutisi. Dalam 80 gram terong mentah terdapat 20 kalori, 1 gram protein, 5 gram karbohidrat, 3 gram serat,  asam folat, kalium, vitamin C, Vitamin K, zat besi dan magnesium. Dengan kandungan nutrisi yang banyak tersebut, terong diyakini bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menangkal radikal bebas, pemicu berbagai penyakit.

Antioksidan yang terkandung dalam terong dapat membantu melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Menurut penelitian, kandungan antioksidan di dalam terong bisa membantu mencegah sejumlah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Kandungan serat, kalium, flavonoid, fitonutrien, vitamin C, dan vitamin B6, membuat terong sangat baik menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition pada 2012, mengatakan terong mengandung antosianin yang bisa menurunkan tekanan darah darah. Hal ini akan melindungi tubuh dari hipertensi atau penyakit darah tinggi dan jantung.

Terong juga berguna menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal. Hal ini akibat kandungan senyawa asam klorogenat dalam terong. Senyawa ini terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) dalam tubuh. Terong diketahui tidak mengandung kolesterol sama sekali sehingga aman dikonsumsi.

Terong juga berguna menjaga fungsi otak lantaran mengandung zat nasunin. Zat ini banyak terdapat pada kulit terong. Nasunin mampu melindungi membran sel otak dari serangan radikal bebas serta melancarkan proses distribusi gizi di dalam sel-sel tubuh.

Mengonsumsi terong akan menjaga peredaran darah menuju otak lancar. Hal ini  mencegah peradangan saraf otak serta berbagai penyakit dan gangguan fungsi kognitif otak yang disebabkan oleh proses penuaan. Rutin makan terong mencegah Anda menjadi pikun atau pelupa.

Terong juga sangat baik mencegah kanker
Pasalnya terong kaya akan polifenol, antosianin, dan asam klorogenat. Zat-zat tersebut baik untuk mencegah pertumbuhan tumor serta menghentikan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Zat-zat tersebut akan memicu produksi enzim khusus dalam sel yang bertugas untuk membuang berbagai racun dan membunuh sel kanker. Asam klorogenat juga bersifat antimutagen yang bisa melawan terjadinya mutasi gen penyebab kanker. 

Selain itu terong banyak mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sehingga dapat mencegah penyakit diabetes. Selain kaya serat, terong juga rendah kalori. Sehingga dapat menurunkan serta menjaga berat badan.

Untuk bisa mendapatkan manfaat terong caranya tidak sulit. Cukup dengan mengolahnya menjadi aneka menu masakan. Namun meski sehat, sebaiknya jangan makan terong dalam jumlah berlebihan. Ingat, apa pun yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI