Apa Benar Isi Bensin Malam Hari Dapat Takaran Lebih Banyak?
berita
Sumber Foto : merdeka.com
07 October 2019 16:45
Watyutink.com – Anggapan yang masih dipegang teguh oleh pengendara salah satunya mengisi bensin di SPBU saat malam hari akan mendapatkan takaran yang lebih banyak. Alasan yang mendasari dari munculnya anggapan ini karena karakter bahan bakar yang mudah menguap saat siang hari, terlebih lagi jika bahan bakar ditempatkan pada tangki yang terbuat dari bahan logam. Pemuaian pun dirasa lebih cepat.

Tahukah Anda bahwa takaran bensin yang didapat saat pengisian malam atau siang hari tidak berbeda signifikan?

Baca Juga

Menurut Specialist Process Development PT Pertamina (Persero) Wawan Rustyawan, anggapan ini berdasarkan teori jika malam hari temperatur lebih rendah, dan Bahan Bakan Minyak (BBM) memiliki sifat yang sensitif terhadap perubahan temperatur.

Lebih lanjut, Wawan menjelaskan, pada suhu dingin, BBM akan menyusut menjadi lebih padat, dan saat suhu panas BBM akan mengembang. Namun perbedaan berat antara keduanya tidaklah signifikan. Perbedaan paling hanya 10 sampai 20 cc saja.

Dapat disimpulkan, perbedaan berat dalam satuan isi liter bensin di siang hari dan malam hari tidaklah berpengaruh jika pengendara hanya mengisi beberapa liter saja. Perbedaan ini akan signifikan jika pengendara membeli BBM dalam jumlah sangat banyak.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

FOLLOW US

Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja