Apakah Arti ‘Ratangga’, Nama MRT di Jakarta?
berita
Sumber Foto : jakartamrt.co.id
11 December 2018 17:10
Watyutink.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menutuskan moda transportsi MRT di Jakarta bernama Ratangga.

Tahukah Anda, apa arti kata Ratangga, yang kini menjadi nama MRT di Jakarta?

Dalam bahasa Jawa kuno, Ratangga artinya kereta perang yang menggambarkan ketangguhan, kekuatan dan kejuangan. Nama ini diperoleh dari Kitab Arjunawijaya dan Kitab Sitasoma karya Mpu Tantular, seorang pujangga yang hidup dijaman Majapahit.

Sementara akrinim MRT yang semula berarti Mass Rapid Trasit diubah menjadi Moda Raya Terpadu yang berarti angkutan cepat dan terpadu.

Anies berharap penamaan Ratangga bukan sekedar nama belaka. Namun mempunyai harapan agar  warga Jakarta dapat menggunakan kereta yang baik dan berjuang dalam ketangguhan. Ia berharap budaya Ratangga bisa diserap seluruh warga Ibu Kota  ?

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting