Arsip Penting Keluarga Rusak Karena Banjir? Jangan Cemas, Perbaiki di ANRI, Ini Caranya
berita
Sumber Foto: tribunnews.com
22 February 2021 10:00
Watyutink.com - Banjir yang melanda DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya serta beberapa daerah di Tanah Air beberapa waktu belakangan ini membuat warga terdampak. Imbas rumah terendam banjir, banyak dokumen penting, khususnya arsip keluarga, ikut terendam dan luput diamankan.

Tahukah Anda, dokumen dan arsip keluarga yang rusak akibat banjir tersebut bisa gratis diperbaiki di Arsip Nasional RI?

Seperti dikutipan dari laman resmi Arsip Nasional RI, anri.go.id, yang menyatakan bawah ANRI mempunyai program untuk mempreservasi dan meningkatkan aksesibilitas arsip statis yang merupakan arsip bernilai guna tinggi, salah satunya adalah arsip yang rusak akibat terjadinya bencana.

Program bermula ketika terjadi bencana Tsunami yang menimpa Aceh dan Nias tahun 2004 silam. Bencana Tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 tersebut adalah bencana besar, yang tidak hanya menghilangkan nyawa dan material, tetapi sebagian besar arsip ikut hanyut dan hilang. Banyak masyarakat yang selamat dari bencana tetapi kehilangan rumahnya. Mereka tidak hanya kehilangan keluarganya, tetapi juga propertinya.

Kejadian inilah yang mendorong ANRI untuk ikut membantu menyelamatkan sertifikat kepemilikan atas tanah-tanah para korban bencana tsunami ini. Dengan menggunakan teknologi Vacum Freeze Dry Chamber yang merupakan bantuan dari Jepang ANRI dapat menyelamatkan arsip-arsip yang terkena bencana ini. Program ini akhirnya berlanjut sampai sekarang.

ANRI membuka layanan setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Masyarakat wajib membawa arsip atau dokumen keluarga yang rusak dan membawa KTP. Yang terpenting, masyarakat juga harus menyerahkan hasil rapid test antigen ke petugas sebagai prosedur protokol COVID-19.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan perawatan arsip pascabencana dapat menghubungi nomor telp. 

(021) 7805851 ext. 406.

Atau kunjungi Instagram ANRI di:  https://www.instagram.com/p/CLjlCiUsOe0/

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI