Awas, Jangan Minum Kopi Saat Sedang Konsumsi Obat, Bisa Terkena Serangan Jantung dan Keracunan Kafein
berita
Ilustrasi/ Net
07 August 2021 08:00
Watyutink.com - Minum kopi saat ini bukan hanya sekadar hobi. Menikmati secangkir atau segelas kopi seolah sudah menjadi 'kebutuhan.' Bagi penggemarnya, seolah ada yang kurang kalau sehari saja tidak 'menyruput' kopi. 

Penikmat kopi tidak pernah lepas dari minuman kegemarannya. Padahal ada saatnya kopi lebih baik ditinggalkan, yakni saat tubuh sedang tidak sehat. Saat sedang sakit, seseorang akan meminum obat untuk mempercepat penyembuhan. Saat itulah kopi sebaiknya ditinggalkan. 

Bukannya nikmat, minum kopi saat tengah mengonsumsi obat justru berbahaya bagi kesehatan. 

Tahukah Anda, mengapa kopi sebaiknya tidak diminum saat sedang mengonsumsi obat? 

Seperti yang diketahui, kopi mengandung kafein yang  bersifat stimulant. Kafein dalam kopi dapat merangsang jantung dan otak bekerja lebih cepat. Itu kenapa setelah minum kopi kita merasa lebih focks dan mata lebih melek.

Perlu diingat, kafein dapat mengganggu proses penyerapan obat dalam lambung dan usus halus. Sehingga minum kopi mengakibatkan kerja obat jadi kurang manjur untuk mengatasi penyakit yang sedang diderita.

Selain itu mengkonsumsi obat setelah minum kopi juga bisa berakibat tidak baik untuk jantung. Pasalnya mengonsumsi obat setelah minum kopi menyebabkan detak jantung meningkat drastis.

Terlebih kafein dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh dibanding zat yang terkandung dalam obat. Bahkan dalam beberapa kasus, minum obat setelah minum kopi bisa memicu terjadinya keracunan kafein. Hal ini akibat interaksi antara antara obat dan kafein.

Kalaupun benar-benar ingin 'nyruput', sebaiknya diberikan waktu jeda antara tiga atau empat jam setelah minum obat. Jika Anda termasuk peminum kopi berat, sebaiknya tanyakan kepada dokter tentang jarak waktu aman antara minum kopi dan minum obat. 

Terutama untuk jenis obat golongan antidepresan, estrogen, pengencer darah, antibiotik quinolone, serta obat-obatan untuk gangguan tiroid dan osteoporosis.

Namun pilihan terbaik adalah hentikan dulu kebiasaan minum kopi jika sedang mengkonsumsi obat. Sebaiknya perbanyak minum air putih selama proses penyembuhan. 

Air putih adalah minuman terbaik untuk mengkonsumsi obat. Bukan kopi, teh, jus, susu, minuman ringan bersoda, apalagi minuman keras. Dengan begitu, proses penyerapan obat dalam tubuh tak terhambat sehingga Anda bisa cepat sembuh tanpa efek samping yang mengkhawatirkan. 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF