Bawang Putih, Bumbu Masak Sakti yang Bisa Menyehatkan Jantung dan Mencegah Kanker
berita

04 March 2019 17:30
Watyutink.com - Semua orang pasti mengenal bawang putih. Bersama ‘saudaranya’ bawang merah, bahan masakan satu ini dikenal sebagai bumbu dasar. Hampir tidak ada masakan yang tidak menggunakan kedua jenis bawang itu sebagai bumbunya.

Seperti juga bawang merah, bawang putih ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Baik dimakan langsung maupun dimasak, bawang putih diyakini mempunyai banyak efek positif kesehatan.

Tahukah Anda, apakah manfaat bawang putih bagi kesehatan?

Journal of Postgraduate Medicine dalam sebuah terbitannya menyebutkan mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol. Sedangkan penelitian yang dilakukan para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences juga menyebut bawang putih mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Selain menurunkan kadar koleterol, bawang putih juga baik bagi penderita hipertensi atau darah tinggi. Jurnal ilmiah Maturitas menyebut kandungan polisulfida pada manfaat bawang putih terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Pasalnya polisulfida akan membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Rutin makan bawang putih rutin selama tiga bulan dipercaya bisa menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg. 

Bawang putih ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Berbagai gangguan otak seperti Alzheimer dan Demensia bisa dicegah dengan makan bawang putih. Journal of Neurochemistry menulis bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia tersebut dapat mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

Sementara penelitian yang diterbitkan The Journal of Nutrition menyebut bawang putih bisa menyehatkan jantung. Bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi dan sistem metabolisme tubuh serta menghindarkan jantung dari berbagai jenis gangguan.

Bawang putih mentah ternyata juga kaya akan senyawa sulfur bioaktifyang bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Ini karena sulfur bioaktif bisa memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat, termasuk berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru-paru.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Enny Sri Hartati, Dr.

Direktur Institute for Development of Economics & Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi