Beda Mata Minus dan Silinder
berita

26 December 2018 16:35
Watyutink.com - Banyak orang yang susah membedakan mata minus dan mata silinder. Pasalnya kedua kelainan mata ini sama-sama diatasi dengan penggunaan kacamata. Padahal kedua kondisi mata tersebut berbeda, baik akibat maupun proses penanganannya.

Tahukah Anda, apa beda mata minus dan silinder?

Mata minus atau myopia adalah kondisi mata yang terjadi karena bentuk kornea yang lebih panjang atau lebih pipih dari kornea mata normal. Akibatnya bayangan dari obyek yang jauh jatuh tidak tepat pada retina, melainkan di depan retina. Sehingga penderita mata minus mengalami kesulitan melihat obyek yang letaknya jauh. Itulah sebabnya mata minus disebut pula rabun jauh.

Sedangkan mata silinder atau astigmatisme adalah kondisi dimana permukaan lensa atau kornea mata tidak rata. Sehingga cahaya yang masuk ke mata menjadi tidak fokus saat diteruskan ke retina. Akibatnya pandangan menjadi buram.

Kedua kelainan mata ini dapat diatasi dengan penggunaan kacamata. Namun kacamata yang dipakai harus disesuaikan dengan tingkat gangguan penglihatan yang dialami. Selama menggunakan kacamata, kondisi mata harus tetap dijaga. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A sangat dianjurkan.

Namun jika sudah dalam tahap parah, kelainan mata hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi