Benarkah Kumur Air Garam bisa Sembuhkan Sakit Gigi?
berita

03 February 2020 16:50
Watyutink.com – Sakit gigi adalah gangguan kesehatan yang sangat dihindari. Pasalnya sakit gigi kerap menimbulkan nyeri yang sangat menyakitkan. Akibatnya penderita sakit gigi sering terganggu dan sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Jangankan untuk bekerja, tidur pun kadang tak bisa akibat gigi terasa nyeri dan sakit.

Bebagai cara dilakukan orang untuk menyembuhkan atau meredakan sakit gigi. Salah satu cara yang sering disarankan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara ini diyakini mampu meredakan nyeri yang muncul akibat sakit gigi.

Tahukah Anda, sebenarnya benar atau tidakkah cara pengobatan seperti ini?

Konsultan kesehatan gigi dari Almeira Clinik, Jakarta, drg Callista Argentina mengatakan sakit gigi seringkali disebabkan adanya gigi berlubang. Hal ini bisa terjadi lantaran ada makanan yang menyelip dan tidak dibersihkan. Lama kelamaan makanan itulah yang menyebabkan gigi berlubang. Saat lubang itu kemasukan makanan, munculah rasa sakit pada gigi.

Callista menambahkan, berkumur dengan air garam bermanfaat membersihkan sisa makanan yang ada pada gigi berlubang. Hal ini lah yang menyebabkan rasa sakit gigi menjad berkurang. Air garam juga berfungsi untuk meredakan gusi yang bengkak. Kondisi ini juga bisa terjadi setelah operasi atau cabut gigi.

Berkumur dengan air garam memang sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi sakit gigi. Pasalnya air garam dapat membantu membunuh bakteri dalam mulut. Bakteri itulah yang menjadi pemicu sakit gigi. Laturan garam juga menyebabkan lingkungan atau kondisi mulut berubah. Akibatnya pertumbuhan bakteri dalam mulut menjadi terhambat.

Garam adalah mineral yang juga disebut natrium klorida juga bisa menyerap molekul air yang dibutuhkan bakteri untuk hidup dan berkembang. Itulah sebabnya saat berkumur dengan larutan garam, molekul air dalam mulut akan berkurang dan menyebabkan bakteri tidak bisa tumbuh dan berkembang.  Sifat basa pada garam juga berperan dalam menghilangkan bakteri, sebab hampir seluruh bakteri lebih memilih lingkungan asam untuk hidup.

Selain untuk meredakan sakit gigi, larutan garam juga bermanfaat lain bagi kesehatan mulut. Salah satunya untuk mengatasi bau nafas yang tidak sedap. Seringkali pertumbuhan bakteri dalam mulut menyebab bau mulut yang menyebabkan nafas beraroma tidak sedap. Fungsi air garam yang bisa membunuh bakteri membuat mulut bersih. Akibatnya bau mulut dan nafas pun menjadi lebih segar.

Berkumur dengan air garam juga mampu mengatasi gejala sakit gusi atau gingivitis. Pertumbuhan bakteri dalam mulut, selain memicu sakit gigi juga menyebabkan peradangan pada gusi dan berdarah. Itulah sebabnya berkumur dengan air garam yang bermanfaat membunuh bakteri dapat mengatasi dan penyakit gusi. Air garam juga bisa meredakan pembangkakan jaringan dan mencegah infeksi.

Meski bermanfaat, dianjurkan tidak berkumur menggunakan air garam dalam waktu lama. Pasalnya berkumur dalam waktu lama berisiko merusak enamel gigi. Selain itu jumlah atau takaran garam juga tidak usah terlalu banyak. Cukup setengah sendok makan dicampur dalam segelas air dan berkumur selama kurang lebih 30 detik.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)