Benarkah Makanan Pedas Sebabkan Wasir?
berita

06 April 2019 15:15
Watyutink.com – Pernahkah Anda mendengan ungkapan “Kalau sudah duduk lupa berdiri”. Ungkapan ini menggambarkan betapa nikmatnya duduk sampai-sampai tidak ingin lagi berdiri. Namun Anda dijamin tidak akan betah duduk berlama-lama jika terjangkit penyakit wasir atau ambeien. Pasalnya saat sedang kambuh, penderita wasir akan merasakan munculnya benjolan di area sekitar anus. Hal ini membuat duduk menjadi sangat menyakitkan.

Beberapa orang menyebut salah satu penyebab wasir adalah kebiasaan makan makanan pedas. Selain itu masih ada beberapa penyebab seseorang menderita penyakit wasir.

Tapi, benarkah makanan pedas menjadi pemicu penyakit wasir dan bagaimana mengatasinya?

Wasir adalah gangguan kesehatan akibat terjadinya pembengkakan di sekitar usus besar dan anus. Munculnya wasir seringkali ditandai dengan rasa gatal disertai nyeri bahkan berdarah saat buang air besar. Hal itu disebabkan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di area sekitar anus.

Selain itu, wasir atau hemoroid juga muncul akibat adanya gangguan konstipasi, kebiasaan mengejan saat buang air besar, serta kurangnya asupan serat dalam makanan sehari-hari. Belum ada penelitian yang menyebutkan mengkonsumsi makanan pedas bisa memicu munculnya wasir.

Dalam jurnal berjudul Disorders of Colon and Rectum, disebutkan makanan pedas tidak menyebabkan wasir. Pasalnya makanan pedas tidak berpengaruh besar pada pembuluh darah di area anus.

Meski demikian, makanan pedas bisa memberikan pengaruh buruk bagi orang yang sudah menderita wasir. Pasalnya makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan yang memperburuk kondisi wasir. Itulah sebabnya penderita wasir sebaiknya mengindari makanan pedas.

Lalu, apa penyebab seseorang terjangkit wasir?

Konstipasi atau sembelit kronis diyakini menjadi penyebab utama seseorang terserang wasir. Sembelit seringkali muncul akibat kurangnya asupan serat dalam makanan serta kurang minum air putih. Kurangnya serat dan air menyebabkan kotoran yang harus dikeluarkan menjadi keras. Akibatnya saat buang air besar, seseorang harus mengejan. Tekanan saat mengejan itulah yang bisa menimbulkan wasir.

Selain itu kebiasaan duduk terlalu lama dan mengangkat beban berat  juga bisa memicu seseorang terserang wasir.

Untuk itu guna menghindari terserang wasir, makanlah makanan yang banyak mengandung serat. Selain itu minumlah air putih dalam jumlah cukup. Para ahli kesehatan menganjurkan dalam sehari kita meminum dua liter atau delapan gelas air putih.

Hindari duduk terlalu lama dan mengangkat beban berat. Hentikan kebiasaan menunda buang air besar dan mengejan berlebihan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik