Beragam Manfaat Biji Pepaya yang Sering Tidak Disadari, Sehatkan Pencernaan, Cegah Kanker dan Gagal Ginjal
berita
Sumberfoto: kompas.com
18 May 2021 16:35
Watyutink.com – Salah satu buah yang paling populer adalah pepaya. Buah ini sangat dikenal lantaran bisa diperoleh dengan mudah dan harganya cukup terjangkau. Selain itu pepaya dikenal sebagai tanaman yang berbuah sepanjang tahun tanpa ada musim tertentu. Sehingga pepaya bisa diperoleh kapan saja.

Namun yang membuat pepaya sangat populer adalah rasanya yang manis dan segar. Itulah sebabnya pepaya sangat tepat dinikmati saat orang merasa haus, selain minum air putih tentunya. Salah satunya saat seseorang usai menjalani ibadah puasa. Salah satu cara melepas dahaga adalah dengan makan buah pepaya. Disamping rasanya yang manis dan segar, pepaya juga dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan. Beragam nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam pepaya sangat baik untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Ternyata bukan hanya daging buahnya yang baik untuk tubuh, biji pepaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Pasalnya biji pepaya diketahui mengandung berbagai zat dan senyawa yang bisa diolah menjadi obat guna menyembuhkan berbagai penyakit. Sayangnya manfaat ini belum banyak diketahui. Akibatnya biji pepaya sering dibuang begitu saja dan dianggap tidak ada manfaatnya.

Tahukah Anda, apa saja manfaat biji pepaya bagi kesehatan?

Praktisi kesehatan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menjelaskan dalam biji pepaya terdapat banyak mikronutrien,seperti flavonoid dan polifenol. Keduanya berfungsi sebagai antioksidan yang berguna melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, penyebab berbagai jenis penyakit kronis,termasuk kanker.

Antioksidan dalam biji pepaya menurut dr Astrid juga mampu mencegah stres oksidatif, yakni kondisi di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas atau kemampuan tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya, intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak.

Selain itu terdapat beragam manfaat biji pepaya yang lain, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Seperti dagingnya, biji pepaya juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Asupan serat diketahui sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Rutin mengonsumsi biji pepaya disebutkan bisa menghindarkan tubuh dari gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

Biji pepaya juga memiliki kandungan enzim pencernaan dalam jumlah yang bersar. Itulah sebabnya biji pepaya juga bisa mengatasi penyakit radang usus dan gejala wasir. Enzim papain yang terkandung dalam biji pepaya bermanfaat untuk mencerna protein.

Biji pepaya juga memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan dalam jumlah besar. Itulah sebabnya biji pepaya bermanfaat untuk mencegah kanker. Pasalnya sifat antikanker yang dikandung biji pepaya bisa menghambat pertumbuhan sel penyakit berbahaya itu.

Biji pepaya juga memiliki kandungan zat isotiosianat yang dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker dan tumor. Zat isotiosanat sangat diperlukan untuk proses penyembuhan penyakit kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru-paru, leukemia dan kanker prostat.

Biji pepaya juga bisa menjaga dan menyehatkan fungsi ginjal. Kadungan antioksidan dalam biji pepaya dapat mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal. Hal ini lantaran kandungan antioksidan dalam biji pepaya yang diyakini bisa menyehatkan ginjal. Seperti diketahui ginjal berfungsi sangat penting, terutama untuk menyaring racun dari dalam tubuh.

Ekstak biji pepaya diyakini bermanfaat mencegah perkembangan bakteri jahat, seperti Escherichia Coli, Staphylococcus, dan Salmonella. Itulah sebabnya biji pepaya bermanfaat menangkal berbagai infeksi yang disebabkan virus penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang diyakini bisa disembuhkan dengan biji pepaya adalah, demam berdarah, tifus, dan lain sebagainya.

Biji pepaya juga bisa menyembuhkan penyakit hati atau sirosis, yakni penyakit penyusutan hati akibat konsumsi alkohol berlebihan. Biji pepaya diyakini dapat membersihkan hati dari racun. Itulah sebabnya mengonsumsi biji pepaya dapat membersikan dan menyehatkan hati. Terlebih jika biji pepaya dikonsumsi bersama jus lemon.

Biji pepaya juga diketahui memiliki kandungan zat anti inflamasi yang bisa meredakan penyakit dan peradangan. Selain itu biji pepaya juga bisa mengatasi kemerahan atau ruam kulit, pembengkakan, dan nyeri sendi. 

Meski berkhasiat, namun dianjurkan tidak memakan atau menelan biji pepaya secara bulat-bulat. Terlebih biji pepaya memiliki rasa pahit dan pedas. Untuk itu, sebelum dikonsumsi biji pepaya harus diolah terlebih dahulu, salah satunya dengan mengubahnya menjadi serbuk. Caranya, jemur biji pepaya dua atau tiga hari hingga kering. Selanjutnya tumbuk atau haluskan hingga menjadi serbuk yang bisa dinikmati layaknya kopi. Bisa juga ditambahkan madu atau gula untuk menambah rasa.

Jika ingin merasakan sensasi lain, kita bisa mencampur biji pepaya dengan madu dan mengunyahnya secara langsung. Rasa manis pada madu berfungsi untuk menyamarkan rasa pahit pada biji pepaya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF