Beragam Manfaat Bunga Pepaya, Cegah Stroke, Diabetes, dan Kanker
berita

27 February 2019 16:50
Watyutink.com - Manfaat buah pepaya sudah banyak diketahui. Hal yang sama dengan daun pepaya yang diketahui mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Satu lagi bagian dari pohon pepaya yang perlu kita ketahui, Bunga Pepaya.

Selama ini bunga pepaya hanya dikenal sebagai sayuran yang bisa diolah menjadi bahan makanan. Namun rasanya yang pahit membuat banyak membuat orang menghindarinya. Padahal sebenarnya bunga pepaya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda apa saja khasiat bunga pepaya bagi kesehatan?

Banyaknya manfaat bunga pepaya bagi kesehatan tubuh tidak lepas dari sejumlah kandungan zat di dalamnya, yaitu protein, karbohidrat, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, serta vitamin C dan B1.

Bunga pepaya juga diketahui mengandung berbagai zat dan senyawa kimia seperti zat  fitokemikal, flavonoid, sterol, tanin, dan polifenol. Zat-zat tersebut merupakan zat antioksidan yang berkhasiat bagi kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu bunga pepaya juga dapat memperlancar peredaran darah. Bunga pepaya diyakini ampuh untuk mengurangi tekanan darah. Itulah sebabnya mengkonsumsi bunga pepaya dengan takaran yang wajar dapat menyehatkan tekanan darah dan menghindarkan terkena stroke.

Tidak hanya buahnya, ternyata bunga pepaya juga dapat mengatasi masalah pencernaan. Pasalnya bunga pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi. Kandungan gizi dalam bunga pepaya juga dapat memperlancar metabolism tubuh dan menambah nafsu makan.

Bunga pepaya ternyata juga bisa menjadi alternatif mencegah kanker. Senyawa flavonoid dan antioksidan dalam bunga pepaya diyakini dapat menangkal radikal bebas serta mampu mencegah infeksi pada tubuh. Sebagaimana diketahui, infeksi lama kelamaan bisa menghasilkan sel kanker yang sangat membahayakan dan bisa mengancam jiwa.

Bagi Anda penderita diabetes, bunga pepaya bisa dijadikan alternatif untuk menurunkan kadar gula darah. Bunga pepaya dapat menurunkan insulin yang enjadi penyebab utama diabetes.

Bunga pepaya juga ampuh untuk menurunkan demam. Kadungan  zat antipiretik bisa berfungsi sebagai obat herbal yang mengatasi demam. Selain itu bunga pepaya juga dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Sehingga ampuh untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah dengue (DBD).  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter