Beragam Manfaat Daun Belimbing Wuluh, Sembuhkan Pilek, Batuk, Radang, dan Beri-beri
berita
Belimbing Wuluh/ Net
18 March 2020 17:02
Watyutink.com – Manfaat belimbing wuluh atau belimbing sayur sudah banyak dikenal. Berbagai penyakit, seperti pilek, flu, hingga diabetes atau kencing manis bisa diatasi dengan buah yang memiliki rasa asam ini. Ternyata manfaat tersebut bukan hanya terdapat pada buah belimbing wuluh. Pasalnya daun belimbing wuluh juga mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa manfaat daun belimbing wuluh bagi kesehatan?

Meski bernama belimbing, tapi bentuk buah belimbing wuluh berbeda dengan buan belimbing. Jika buah belimbing berbentuk mirip bintang segi lima, belimbing wuluh justru berbentuk kecil sebesar ibu jari orang dewasa. Namun bentuk daunya tidak benyak berbeda.

Selama ini belimbing wuluh sering dijadikan bumbu atau bahan membuat masakan. Itulah sebabnya belimbing wuluh juga disebut belimbing sayur. Manfaatnya untuk kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi. Beragam nutirisi didalamnya, seperti fosfor, kalsium, zat besi, antioksidan dan astringen membuatnya ampuh menyingkirkan berbagai penyakit. Selain itu kandungan vitamin A, C, dan B Kompleks semakin melengkapi manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi dan vitamin tersebut juga terkandung dalam daun belimbing wuluh. Itulah sebabnya daun belimbing wuluh tak kalah manjur dibanding buahnya dalam menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya sebagai obat batuk. Caranya dengan merebus daun belimbung wuluh hingga mendidih.

Saring dan tunggu hingga hangat. Minum dua atau tiga kali sehari. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa. Rebusan daun belimbing wuluh juga bisa menjadi obat flu dan demam.

Daun belimbing wuluh juga bisa menjadi obat penyakit beri-beri. Penyakit ini biasanya menyebabkan beberapa bagin tubuh membengkak. Beri-beri disebkan tubuh mengalami kekurangan vitamin B1. Rutin minum air rebusan daun belimbing wuluh, minimal 15 mililter setiap hari diyakini mampu menyembuhkan penyakit beri-beri.

Daun belimbing wuluh juga ampuh digunakan untuk obat radang, terutama radang dubur atau rektum. Caranya dengan membuat rebusan daun belimbing wuluh sama seperi untuk penyakit lainnya. Minum dua sendok teh setiap hari dengan rutin, radang akan berangsung sembuh.

Mengonsumsi air rebusan daun belimbing wuluh juga bermanfaat mengobati penyakit cacingan, terutama cacing pita.  

Selain dengan cara direbus, daun belimbing wuluh juga bisa diolah menjadi infused water. Caranya ambil beberapa lembar daun belimbing wuluh, cuci dengan air hingga benar-benar bersih. Rendam dalam botol, seperti layaknya membuat infused water dengan buah atau sayuran. Minum secara rutin air infused water tersebut.

Daun belimbing wuluh juga bisa digunakan sebagai obat oleh untuk mengatasi gatal-gatal akibat gigitan serangga. Caranya ambil beberapa lembar daun belimbing wuluh, tumbuh hingga halus. Oleskan pada kulit yang gatal. Ramuan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rematik dengan cara mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)