Beragam Manfaat Dibalik Harumnya Kemuning
berita

07 April 2019 17:20
Watyutink.com - Kemuning adalah salah satu tanaman yang sering ditanam di halaman rumah. Selain memperindah taman atau halaman, aroma bunga kemuning yang harum banyak disukai orang. Seperti halnya melati, bunga kemuning kerap digunakan sebagai pengharum rumah.

Tahukah Anda, kuning ternyata juga mengandung beragam manfaat bagi kesehatan?

Kemuning atau murraya paniculata adalah tanaman tropis yang bisa tumbuh di mana saja dan berbunga kapan saja. Tanaman yang bunganya mirip dengan melati ini dikenal sarat akan manfaat bagi kesehatan. Hal ini tak lepas dari sejumlah zat kimia yang terkandung dalam tanaman ini, seperti seperti tanin, cadinene, murralonginal, bisabolene, carene-3, paniculatin, dan coumurrayin. Itulah sebabnya kemuning diyakini berkhasiat seperti layaknya tanaman obat-obatan.

Beberapa penyakit yang bisa diatasi menggunakan kemuning adalah sakit gigi. Jika menderita sakit yang menyebalkan ini, cobalah diobati menggunakan ramuan kemuning. Caranya, ambil kulit batang kemuning lalu bakar atau panaskan dengan api kecil selama beberapa saat hingga keluar minyaknya. Teteskan minyak ini pada gigi yang berlubang dan gusi yang bengkak.

Kemuning juga bermanfaat untuk penderita batu ginjal. Untuk membuat ramuannya, haluskan 30 gram daun kemuning lalu blender bersama 150 mililiter air. Saring airnya dan minum sampai habis. Lakukan secara rutin setiap hari.

Bagi para wanita, kemuning bisa membantu mengatasi haid atau datang bulan tidak lancar. Ambil setengah genggam daun kemuning, setengah genggam daun pacar kuku, dan satu jari rimpang temulawak. Cuci hingga bersih kemudian iris-iris. Rebus dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa satu gelas saja. Saring dan minum airnya setalah dingin di pagi dan malam hari dengan takaran setengah gelas.

Ramuan kemuning juga bisa digunakan untuk mengatasi memar. Caranya, giling atau haluskan daun kemuning dan daun kaca piring. Rebus dengan air selama beberapa menit. Tempelkan ramuan ini pada kulit yang memar.

Kemuning juga mampu menyembuhkan bisul. Untuk membuat ramuannya, ambil 30 gram akar kemuning kering. Cuci hingga bersih menggunakan air mengalir lalu potong-potong. Selanjutnya rebus bersama tiga gelas air, hingga airnya tinggal dua gelas. Tunggu hingga dingin lalu saring airnya. Minum di pagi dan sore hari, masing-masing setengah gelas.

Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi cobalah menurunkanya menggunakan ramuan kemuning. Rebus 20 gram daun kemuning bersama tiga gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa satu gelas. Tambahkan satu dendok maman madu murni. Minum secara rutin tiga kali sehari.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi