Beragam Manfaat Ikan Gabus, Sehatkan Pencernaan dan Otot Tubuh
berita
Sumber Foto : majalahikan.net
02 October 2019 16:40
Watyutink.com – Salah satu ikan air tawar yang banyak dimanfaatkan sebagai menu masakan adalah ikan gabus. Selain rasa dagingnya yang gurih, ternyata ikan gabus juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya ikan ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kebugaran  tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat mengonsumsi ikan gabus?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hasanuddin, Makassar membuktikan ikan gabus memiliki kandungan albumin yang cukup tinggi. Albumin diketahui adalah salah satu nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan tubuh. Selain itu ikan yang oleh orang Jawa disebut sebagai Iwak Kutuk ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, seperti  omega-3, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, dan vitamin B1. Bahkan kandungan protein dalam ikan gabus 25 persen lebih banyak dibandingkan ikan jenis lain.

Itulah sebabnya ikan yang masih bersaudara dengan ikan lele ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk pembentukan dan pertumbuhan otot. Kandungan protein tinggi dalam ikan gabus dipercaya sangat bermanfaat untuk pembentukan otot tubuh. Dalam 100 gram ikan gabus terdapat 25,2 gram protein. Jauh lebih tinggi dibadingkan daging sapi dan ayam yang hanya mengandung sekitar 18 gram protein.

Ikan gabus juga sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan luka. Hal ini berkat kadungan albumin dalam ikan gabus yang diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka. Meski harus disadari, penyembuhan luka juga sangat bergantung pada berbagai faktor.

Ikan gabus juga sangat baik untuk saluran pencernaan. Dagingnya yang empuk dapat menghindarkan pencernaan dari iritasi. Selain itu kadungan kolagen dalam ikan gabus lebih rendah jika dibandingkan daging ayam atau sapi. Itulah sebabnya ikan gabus lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan.

Ikan gabus juga bagus dikonsusi penderita diabetes. Pasalnya kandungan nutrisi dalam ikan gabus diyakini dapat mencukupi kebutuhan kalori harian tanpa khawatir menaikkan kadar gula darah. Sedangkan vitamin A dalam ikan gabus sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Ikan gabus sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kadungan protein dan nutrisi dalam ikan gabus dipercaya sangat baik bagi perkembangan janin serta pertumbuhan rahim ibu. Selain itu ikan gabus sangat tepat bagi Anda yang sedang berupaya meningkatkan berat badan. Namun akan lebih baik jika saat mengonsumsi ikan gabus dikombinasikan dengan makanan lain.

Ikan gabus juga sangat baik dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Hal ini lantaran kandungan albumin dalam ikan gabus dapat berfungsi menjaga kesimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu ikan gabus juga sangat baik dalam memperbaiki kondisi gizi buruk, terutama yang dialami bayi, balita, dan anak-anak.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

FOLLOW US

Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja