Beragam Manfaat Masker Mulut Untuk Kesehatan
berita
Sumber Foto : health.liputan6.com
24 May 2019 16:45
Watyutink.com - Banyak orang gemar memakai masker mulut saat bepergian, karena memakai masker mulut dianggap bisa membantu melindungi, mencegah, dan mengurangi efek polusi atau kuman di udara yang dapat mengganggu kesehatan. Saat ini, udara sudah kotor karena tercemar polusi, apalagi bagi Anda yang tinggal di perkotaan, tentu saja dengan menggunakai masker mulut saat bepergian ataupun berkendara, mampu mencegah udara kotor masuk ke dalam pernapasan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat memakai masker mulut bagi kesehatan?

Menurut penelitian, alasan seseorang menggunakan masker mulut karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, di antaranya untuk menghindari paparan polusi udara. Misalnya asap dari kendaraan bermotor, pabrik, rokok, dan debu, adalah beberapa jenis polusi udara yang bisa ditemukan setiap harinya. Paparan polusi ini dapat memengaruhi kinerja paru-paru serta meningkatkan risiko terserang penyakit pernapasan.

Menurut sejumlah penelitian menggunakan masker mulut dapat membantu mencegah Anda menularkan atau tertular berbagai macam penyakit. seperti flu, batuk, dan sindrom pernapasan akut berat (ISPA). Untuk itu, memakai masker mulut dapat menjadi salah satu cara terbaik agar kita tidak mudah tertular atau menularkan penyakit. Masker yang digunakan dengan benar bisa membantu mencegah virus dan bakteri menyebar melalui lendir atau cairan yang keluar saat kamu bersin atau batuk.

Alasan selanjutnya memakai masker mulut yang tidak kalah penting adalah, untuk melindungi sebagian kulit wajah dari efek negatif polusi udara dan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari dan polusi udara yang berkepanjangan dan berulang diduga dapat menyebabkan penuaan dini dan risiko timbulnya  penyakit kulit, jerawat, flek hitam.

Adapun jenis masker yang biasa dipakai secara umum, adalah yaitu masker bedah dan masker N95. Dua jenis masker tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Masker bedah ini dapat melindungi saluran pernapasan dari percikan bersin dan batuk orang lain, serta masker jenis ini mencegah tetesan cairan tubuh yang mengandung virus dan kuman keluar melalui hidung atau mulut. Kelemahannya, partikel kecil seperti virus di udara masih bisa terhirup meski memakai masker ini.

Penamaan Masker N95 karena diduga dapat menyaring partikel di udara hingga 95 persen. Masker mulut ini dibuat agar pas dengan wajah sehingga tidak ada celah yang memungkinkan masuknya virus melalui udara. Namun harganya lebih mahal dari masker bedah biasa.

Marilah kita untuk membiasakan dalam memakai Masker secara tepat supaya tujuan dan manfaat Masker itu sendiri beeguna bagi kita. (lien)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI

FOLLOW US

Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja             Stop Bakar Uang, Ciptakan Profit             Potensi Korupsi di Sektor Migas