Beragam Manfaat Petai Cina bagi Kesehatan
berita

25 February 2019 16:55
Watyutink.com - Selama ini petai cina dianggap sebagai pohon peneduh, tak ubahnya seperti akasia, bintaro, atau mahoni. Akibatnya, biji petai cina tidak dimanfaatkan dan hanya terbuang percuma. Padahal sebenarnya petai cina mempunyai beragam manfaat, terutama bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat petai cina dan bagaimana cara mengolahnya?

Biji petai cina selama ini hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan, seperti lalapan atau dijadikan botok. Namun ternyata tanaman yang juga bernama lamtoro ini diketahui mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh, yakni protein, zat besi, kalsium, fosfor, lemak nabati, vitamin B1, vitamin A, vitamin C, karbohidrat, leukanol, leukanin dan mimosin.

Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan petai cina adalah penyakit kulit seperti herpes. Haluskan 30 gram petai cina dan satu siung bawang putih. Balurkan ramuan tersebut di area kulit yang bermasalah. Diamkan selama 20 menit lalu dibilas bersih dengan air hangat.

Petai cina juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit disentri secara alami. Rebus 15 gram biji petai cina dan 30 gram krokot bersama 400 mililiter air. Rebus hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari, pagi dan malam. Lakukan sampai penyakitnya sembuh.

Tanaman ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Sebab petai cina bisa meningkatkan kinerja pankreas yang menghasilkan hormon insulin. Itulah sebabnya penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi petai cina. Seduh lima gram petai cina yang sudah dihaluskan dengan secangkir air panas. Minum air rebusan ini 30 menit sebelum makan. Lakukan dua kali sehari. Ramuan petai cina tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Petai cina juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Itulah sebabnya tanaman ini bisa digunakan sebagai bahan alternatif untuk mengobati penyakit kanker.

Petai cina juga bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan patah tulang. Haluskan petai cina, kunyit, jahe, daun katuk, bawang merah dan bawang putih. Rebus dengan air sebentar saja. Balurkan ramuan tersebut di area tulang yang patah, lalu balut dengan perban. Ganti ramuan ini 1 kali sehari.

Jika Anda mempunyai masalah tidur atau insomnia, tidak ada salahnya mencoba ramuan daun petai cina. Rebus daun petai cina, setelah dingin minum ramuan tersebut sebelum tidur. Jika rutin dilakukan, diyakini tidur menjadi lebih nyenyak.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar