Bisa Cegah Kanker, Diabetes, Penyakit Jantung dan Parkinson, Kopi Punya Doa Khusus yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW
berita
Sumber Foto : Redersdigest
14 January 2021 17:02
Watyutink.com – Kopi adalah minuman yang sangat populer. Bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Tidak heran jika kopi menjadi minuman sangat populer. Pasalnya menyeruput kopi memiliki sensasi tersendiri. Hal inilah yang menyebabkan kopi sangat digemari. Selain enak dinikmati, kopi ternyata sehat. Pasalnya kopi diketahui memiliki kadungan nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan.

Ternyata kopi juga minuman yang diberkahi. Pasalnya Nabi Muhammad SAW pernah megajarkan doa khusus bagi para peminum kopi. Doa ini pula yang menjadikan orang Islam di masa lalu gemar minum kopi. Terlebih kopi membuat mereka segar dan lebih fokus dalam mempelajari berbagai ilmu agama.

Tahukah Anda, apa doa yang pernah diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk para peminum kopi?

Dikutip dari Alif.id, kopi memang memiliki hubungan yang cukup erat dengan umat Islam, terutama di masa lampau. Diceritakan seorang sufi pernah menceritakan kepada Nabi Muhammad SAW  tentang kegemarannya minum kopi. Sahabat itu juga menanyakan apa hukumnya minum kopi bagi umat Islam. Nabi Muhammad tidak menjawab pertanyaan itu dan justru memberikan doa khusus bagi orang yang gemar minum kopi.

Doa itu berbunyi, “Allahummaj’alaha nuron libashorina wa’afiyatan libadanina wa syifa’an li qulubina wa dawa’an likuli daa’in.” Artinya, "Ya Allah, jadikanlah kopi yang saya teguk sebagai cahaya bagi penglihatanku, kesehatan bagi badanku, penawar hatiku, obat bagi segala penyakit, duhai Dzat yang Maha Kuat dan Maha Teguh.” Doa itu dibaca sebelum menyeruput kopi setelah sebelumnya membaca basmalah, “Bismillahirrahmanirahim."

Masih dikutip dari Alif.id, Nabi Muhammad SAW juga bersabda, “Malaikat akan terus memintakan ampunan selama rasa kopi masih menempel di mulut.”

Selain lantaran doa tersebut, kopi juga minuman yang baik untuk kesehatan. Pasalnya kopi diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium dan naicin. Selain itu kopi juga mengandung vitamin B2, B3, dan B5.

Kopi juga mengandung antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, penyebab beraneka macam penyakit kronis, termasuk kanker. Namun nutrisi dan vitamin itu akan terasa manfaatnya jika kopi dinikmati tanpa gula atau susu.

Para ahli kesehatan mengatakan, kopi pahit atau tanpa gula diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menjaga fungsi saraf dan meningkatkan daya ingat. Mengonsumsi kopi pahit tanpa gula terbukti secara kognitif mampu mencegah risiko penuaan yang berhubungan dengan saraf. Hal itu lantaran kandungan flavonoid yang ada dalam kopi. Penelitian yang dilakukan para ahli juga membuktikan kopi mampu meningkatkan memori pada otak manusia.

Kopi tanpa gula juga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes atau penyakin kencing manis. Pasalnya kopi murni tanpa gula dengan kafein bermanfaat untuk pembentukan hormon yang berguna mengatur pembentukan insulin. Kopi juga mengandung senyawa kromium yang berguna mengatur kadar gula dalam tubuh.Selain itu kopi tanpa gula juga memperlancar metabolisme tubuh sehingga dapat mengurangi potensi penyakit diabetes.

Minum kopi tanpa gula juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pasalnya kopi tanpa gula mampu mencegah peradangan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan kalsium dan kalium dalam kopi pahit juga bermanfaat menguatkan otot jantung. Selain itu kopi tanpa gula juga mampu mengatasi sumbatan darah akibat makanan sehari-hari. 

Kopi tanpa gula juga bermanfaat mencegah penyakit kanker. Pasalnya kopi memiliki sifat anti kanker yang mampu menurunkan risiko penyakit yang paling ditakuti orang itu. Namun menurut para ahli, harus dipastikan kopi yang dikonsumsi tanpa gula atau susu sama sekali.

Kopi tanpa gula juga mampu membantu membakar lemak di perut. Pasalnya kopi pahit membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 50 persen. Itulah sebabnya kopi tanpa gula sangat tepat dikonsumsi orang yang tengah menjalani program diet atau penurunan berat badan. Namun akan lebih baik jika disertai memperbanyak berolah raga.

Meminum kopi tanpa gula juga menjaga mood atau suasana hati tetap bagus. Kopi pahit juga membantu mengatasi depresi dan mencegah penyakit parkinson. Itulah sebabnya rutin minum kopi tanpa gula diyakini membuat tubuh awet muda.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI