Bosan Ternyata Ada Manfaatnya
berita

24 November 2018 19:00
Anda pasti pernah mengalami rasa bosan. Rutinitas sehari-hari kadang membuat penat dan ujung-ujungnya kita merasa bosan. Banyak orang berusaha menghilangkan rasa bosan dengan melakukan bermacam aktivitas.

Tapi tahukah Anda, ternyata bosan mengandung sisi positif. Bosan juga ada manfaatnya.

Dr Doreen Dodgen-Magee, seorang psikolog dari Portland Oregon, AS mengatakan kemampuan melewati kebosanan dapat mengurangi rasa cemas dan menciptakan kemampuan untuk menghargai diri sendiri.

Rasa bosan seringkali mengambil waktu yang Anda miliki. Sehingaa Anda memiliki waktu luang lebih banyak. Hal itu bisa dimanfaatkan dengan kegiatan kreatif, membaca buku baru dan sebagainya. Psikolog Kayla O’Neill mengatakan bosan berarti membiarkan imajinasi berjalan lebih liar. Artinya bosan membantu meningkatkan imajinasi. 

Kebosanan juga mengajarkan kita untuk merasa nyaman dan percaya diri dalam mengatasi berbagai emosi. Bosan adalah kesempatan berharga untuk memproses emosi. 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi