Buah Kedondong, Bukan Hanya Nikmat Dirujak tapi juga Menyehatkan
berita

22 June 2019 16:50
Watyutink.com – Siapa yang tak kenal buah kedondong? Semua orang pasti mengenalnya. Berama teman-temannya, mangga dan pepaya, kedondong selalu hadir dalam bentuk rujak. Rasanya yang asam namun segar membuat rujak menjadi semakin bercita rasa. Selain dengan cara dirujak, kedondong juga bisa dinikmati secara langsung. Tekstur buahnya yang agak keras membuat kedondong sangat nikmat dinikmati.

Ternyata selain nikmat dan segar, kedondong juga mengandung beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah kedondong bagi kesehatan?

Kedondong diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini lantaran kedondong mempunyai kadungan vitamin C dan kolagen yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut diyakini dapat mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki permukaan kulit. Tidak sulit untuk mendapatkan manfaat itu, cukup dengan mengonsumsi kedondong sesuai porsi dan kebutuhan.

Buah kedondong juga mempunyai manfaat sebagai antioksidan dan meningkatkan imun atau kekebalan tubuh. Pasalnya buah dengan biji berduri ini kaya akan berbagai kadungan vitamin yang dapat menjadi antioksidan alami. Itulah sebabnya kedondong dapat membantu tubuh menangkal efek negatif dari radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

Selain itu kadungan vitamin dan nutrisi pada buah kedondong juga mampu meningkatkan sistem imunitas dan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh akan mampu melawan berbagai virus dan bakteri pembawa penyakit secara lebih efektif.

Pernah dengan lelucon, untuk menyembuhkan batuk dengan cara menelan biji kedondong? Ternyata hal ini bukan hanya sekedar lelucon. Pasalnya kedondong juga bermanfaat untuk meredakan batuk. Namun caranya bukan dengan menelan bijinya, melainkan dengan menghaluskan dua atau tiga buah kedondong. Bisa dengan cara diparut atau diblender.

Peras kedondong yang telah dihaluskan dan campur dengan sedikit garam. Minum air perasan kedondong tersebut tiga kali sehari. Lakukan dengan rutin hingga batuknya reda.

Buah kedondong juga mampu membatu mengatasi masalah pencernaan.  Kandungan serat yang tinggi dalam kedondong sangat baik untuk memperlancar dan mengobati seluruh sistem pencernaan yang terganggu. Itulah sebabnya bila Anda merasa mempunyai masalah pencernaan, tidak ada salahnya mencoba rutin makan kedondong. Namun makanlah sesuai porsi dan kebutuhan.

Manfaat lain dari kedondong adalah untuk mencegah penuaan dini. Pasalnya kedondong mengandung kolagen, vitamin C dan A yang diyakini dapat membantu menjaga kesehatan serta meremajakan kulit. Bukan hanya buahnya, daun kedondong ternyata juga mampu menyehatkan kulit. Rebusan daun kedondong bisa digunakan sebagai pelambang alami kulit.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir             Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!