Buah Maja Ternyata Tidak Pahit, Justru Manis dan Bermanfaat bagi Kesehatan
berita

16 February 2019 15:40
Watyutink.com - Selama ini kita mengenal buah Maja dari pelajaran sejarah. Konon Raden Wijaya saat hendak mendirikan kerajaan, menemukan buah maja dan ingin memakannya. Namun buah yang itu ternyata sangat pahit rasanya. Itulah sebabnya  negara yang kelak didirikannya diberi nama Kerjaan Majapahit.

Namun siapa sangka ternyata buah maja bukan hanya terkenal dalam ilmu sejarah. Buah ini juga diakui oleh para ahli pengobatan herbal sebagai buah yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, ternyata bukan hanya buahnya yang bermanfaat tapi daun dan akar maja juga mempunyai manfaat bagi kesehatan?

Maja adalah tumbuhan yang dapat hidup disegala kondisi alam, baik panas maupun dingin. Tanaman ini bahkan mampu beradaptasi pada suhu ekstrem yang sangat panas hingga 49 derajat celcius atau sangat dingin hingga -7 derajat celcius. Maja juga mampu hidup berbagai jenis lahan seperti tanah kering, basa, atau rawa.

Sebenarnya buah maja tidak berasa pahit. Sebaliknya buah ini justru rasanya manis dan aromanya harum. Buah yang memiliki nama latin Aegle Marmelos Correa ini masih bersaudara dengan buah jeruk. Kulitnya berwarna hijau dan isinya berwarna jingga atau kuning. Untuk menikmatinya, buah maja bisa makan secara langsung. Bisa juga diolah menjadi sirup, serbat, atau selai.  

Selain rasanya yang manis buah maja juga mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin C, riboflavin, niasin, thiamin, karoten, lemak, protein, karbohidrat, alkaloida, steroid, kumarin, minyak alami, limonene, dan marmelosina.

Itulah sebabnya buah maja kaya akan manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan disentri. Penyakit diare jika dibiarkan dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Dalam kondisi yang lebih parah diare bisa mengakibatkan kematian Sedangkan disentri dapat menyebabkan gangguan pada fungsi usus hingga menyebabkan mual, muntah, dan kram perut.

Mengkonsumsi buah maja diyakini bisa membantu meredakan kedua penyakit tersebut. Caranya bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus.

Buah maja ternyata juga dapat membantu proses penyembuhan luka. Kandungan antibiotik dalam buah maja dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah infeksi dan menyembuhkan luka. BUkan hanya buahnya, daun dan akarnya pun memiliki khasiat yang sama.

Caranya sangat mudah yaitu dengan melumatkan akar, daun, atau buah maja hingga halus kemudian dibalurkan pada bagian tubuh yang terluka.

Jika Anda sering mengalami kondisi jantung berdebar tidak ada salahnya mencoba menkonsumsi air rebusan maja. Selain itu rebusan air akar maja juga dapat membantu mengatasi demam.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki masalah dengan kadar gula darah, mungkin bisa mencoba mengkonsumsi air rebusan daun maja. Mengkonsumsi air rebusan daun maja secara rutin dua kali sehari diyakini dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih stabil.

Buah maja juga diyakini memiliki khasiat bagi kecantikan. Kandungan vitamin C dalam buah maja dapat membuat kulit lebih cerah, lembut, serta membantu regenerasi kulit. Selain itu buah maja juga melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet (UV) sehingga dapat menjaga kulit dari kerusakan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting