Buah Naga, Buah Ajaib dengan Beragam Manfaat bagi Kesehatan
berita

03 February 2019 18:30
Watyutink.com - Beberapa saat yang lalu kita mendengar berita petani di Banyuwangi, Jawa Timur membuang ratusan kilogram buah naga. Para petani kecewa lantaran harga buah naga sangat murah saat panen. 

Sangat disayangkan. Padahal sebenarnya buah naga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Tahukah Anda, apa khasiat dan manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh kita? 

Buah naga adalah buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti Amerika Selatan dan Asia. Disebut buah naga karena kulitnya yang menyerupai sisik hewan naga. Buah yang juga bernama Pitaya ini ternyata kaya akan vitamin C, B1, B2, dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Selain itu buah berwarna merah ini mengandung banyak kalori yang bermanfaat bagi kesehatan.

Buah naga diyakini kaya akan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat yang dapat memicu kanker. 

Selain itu buah naga juga mengandung banyak vitamin C, fosfor, dan fosfolipid yang dapat membantu untuk mencegah penuaan dini.

Buah naga juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Itulah sebabnya buah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Buah piyata ini juga merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang dapat menjaga kesehatan hati atau liver.

Kadungan serat dalam buah naga juga sangat tinggi. Sehingga buah ini dapat menjaga kestabilan kadar gula darah dan membantu mencegah penyakit diabetes.

Buah naga juga dapat berfungsi sebagai penguat sistem imun atau kekebalan tubuh. Pasalnya buah naga mengandung banyak vitamin C, B1, B2, B3 serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Kadungan vitamin C yang dikandung buah naga juga dapat menyehatkan sistem pernafasan, seperti batuk dan asma. Selain itu kondisi demam akibat flu juga bisa reda jika mengkonsumsi buah ini. 

Bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, buah naga adalah pilihan yang tepat. Kadungan serat dalam buah naga membuat orang yang mengkonsumsinya akan kenyang lebih lama. Selain itu buah naga juga dapat meningkatkan metabolisme dan mengontrol berat badan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter