Bukan Hanya Enak Digoreng, Bawang Merah Bisa Menyehatkan Jantung, Darah dan Otak
berita

22 February 2019 17:10
Watyutink.com – Selama ini orang mengenal bawang merah adalah salah satu bahan masakan. Bersama saudaranya, bawang putih, bawang merah bahkan dianggap sebagai bumbu dasar dalam setiap masakan. Padahal sebenarnya, bawang merah mempunyai kegunaan lain selain hanya sebagai bahan masakan. Bawang merah ternyata bisa membantu merawat kesehatan manusia.

Tahukah Anda, apa saja kegunaan bawang merah bagi kesehatan?

Bawang merah diketahui mengandung zat flavonoid yang dapat mengobati berbagai penyakit, salah satunya penyakit diabetes atau kencing manis. Bawang merah dapat meningkatkan produksi insulin yang  berguna untuk berat badan. Selain itu bawang merah dapat membantu merangsang sekresi insulin yang dapat menurunkan respons inflamasi yang terkait dengan diabetes.

Bawang merah ternyata juga dapat mencegah penyakit jantung koroner. Pasalnya mengkonsumsi bawang merah mentah dapat membuka arteri yang tertutup dan mengontrol tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan sulfur asam amino dan methylallyl sulfida dalam bawang merah bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat. Itulah sebabnya rutin mengkonsumsi bawang merah mentah dapat menyehatkan jantung.

Bawang merah juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Pasalnya bawang merah mempunyai fungsi detoksi yang bisa membuang racun dari darah. Selain itu bawang merah juga berkhasiat menstimulasi enzim percernaan yang menjadi unsur penting detoksifikasi hati.

Kandungan belerang pada bawang merah diketahui juga memapu mencegah bebagai jenis penyakit kanker, seperti  prostat, paru-paru, dan kolon atau usus.

Bawang merah juga mengandung vitamin B, folat, zat besi dan senyawa pyrithione yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Sedangkan sifat anti radang yang dimiliki bawang merah dapat menenangkan saraf, mengobati iritasi saraf serta membantu mencegah Alzheimer, penyakit yang dapat menurunkan daya ingat.

Namun perlu diingat mengkonsumsi bawang merah dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Itulah sebabnya setelah mengkonsumsi bawang merah sebaiknya segera gosok gigi. Selain itu jika tidak nyaman dikonsumsi dalam kondisi mentah, bawang merah bisa diolah  atau dicampurkan dalam berbagai jenis makanan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik