Bukan Hanya Harum, Bunga Melati juga Bisa Mengatasi Berbagai Penyakit
berita

23 February 2019 17:10
Watyutink.com - Selama ini kita mengenal bunga melati karena aromanya yang harum. Wangi bunga melati bukan hanya bermanfaat untuk pengharum tubuh tapi juga membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Bunga melati bahkan menjadi salah satu bahan favorit untuk aromaterapi. 

Tapi tahukah Anda, ternyata bunga melati juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh?

Bunga melati diketahui mengandung banyak senyawa kimia yang bermanfaat seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon. Itulah sebabnya bunga melati mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya sebagai obat sesak nafas. 

Rebus 20 lembar bunga melati, garam, dalam tiga gelas air. Biarkan hingga rebusan air hanya tersisa dua gelas
Saring dan minum air rebusan bunga melati secara rutin dua kali sehari. Selain itu bunga melati juga dapat digunakan untuk mengatasi demam dan sakit kepala. 

Bunga melati juga dapat diolah menjadi teh. Bisa dinikmati langsung atau dikombinasikan dengan teh hijau. Teh melati diyakini bisa membantu mengatasi kolesterol yang menyumbat pembuluh darah. Teh melati juga pilihan yang baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. 

Selain itu teh melati juga bisa menyeimbangkan kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Namun sebaiknya teh melati diminum tanpa gula.

Jika Anda tersengat lebah, ramuan bunga melati juga bisa membantu mengatasinya. Siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus. Tempelkan bunga melati yang sudah halus ke bagian tubuh yang tersengat lebah atau serangga.

Selain bunganya, ternyata daun melati  juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, terutama untuk penderita radang ginjal. Rebus 15 gram daun melati yang sudah kering bersamaan dengan dua gelas air. Biarkan hingga air tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan daun melati dua kali sehari. Minum secara rutin hingga warna urine menjadi kembali normal.

Daun melati juga bisa menjadi obat alternatif bagi penderita demam berdarah. Rebus tujuh lembar daun melati, 1,25 gram belimbing bersama 250 air. Biarkan hingga tersisa satu gelas air. Sesudah dingin segera minumkan air rebusan tersebut ke penderita demam berdarah. Lakukan selama tiga hari berturut-turut dengan dosis delapan gelas per hari.

 

 

?

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi