Bukan Hanya Untuk Rambut, Lidah Buaya juga Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh
berita

19 January 2019 17:00
Watyutink.com - Selama ini kita mengenal daun lidah buaya bermanfaat untuk perawatan rambut. Lidah buaya atau aloe vera adalah kondisioner rambut alami yang dapat mengatasi rambut rontok dan menghilangkan ketombe. 

Tahukah Anda, ternyata lidah buaya juga bermafaat untuk kesehatan tubuh? 

Meski belum ada penjelasan detail tentang bagaimana tanaman herbal ini bekerja. 

Namun beberapa penelitian menunjukkan bahan kimia pada gel lidah buaya dapat meningkatkan sirkulasi pembuluh darah kecil di kulit, sekaligus bisa membunuh bakteri. Sehingga lidah buaya dipercaya efektif membantu mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu lidah buaya juga berfungsi  sebagai pencahar. Hal ini berasal dari kemampuannya menghambat penyerapan tanpa merangsang peristaltik. Itulah sebabnya lidah buaya mampu mengatasi sembelit.

Jus lidah buaya dapat membantu pencernaan, menormalkan asam/basa dan keseimbangan pH, mengurangi pembentukan ragi, mendorong bakteri pencernaan, dan mengatur pengolahan usus.

Lidah biaya juga mempunyai manfaat sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Enzim dalam lidah buaya dapat mengubah protein menjadi asam amino yang memungkinkan sel berfungsi dengan baik.

Beberapa vitamin yang terkandung dalam aloe vera seperti vitamin A dan C dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan kerusakan radikal bebas. 

Selain itu lidah buaya mampu meredakan hiperglikemia kronis dan propil lipid yang terganggu. Umumnya kondisi ini terjadi pada penderita diabetes yang menjadi faktor utama terjadinya komplikasi kardiovaskular.

Meski manfaat lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan namun tanaman herbal ini juga mempunyai efek samping, seperti alergi, kerusakan mukosa usus, kejang, diare berdarah, dan urine berwarna merah dan hipokalemia

Memang tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Itulah sebabnya jika Anda merasa khawatir dengan akibat tersebut sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli herbal.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting