Bukan Hanya untuk Kesuburan Suami Istri, Toge juga Mampu Cegah Kanker, Penyakit Jantung, Anemia dan Gangguan Pencernaan
berita
Toge/ Net
15 March 2021 16:45
Watyutink.com – Rasanya tidak ada orang Indonesia yang tidak mengenal toge atau tauge. Sayuran yang juga dikenal dengan nama kecambah ini sudah sering digunakan untuk berbagai menu makanan. Pecel, gado-gado, bakso dan berbagai makanan lainnya selalu ditambahkan toge dalam penyajiannya. Rasa toge yang segar ditambah teksturnya yang renyah membuatnya nikmat saat digigit.

Toge ternyata tidak hanya nikmat disantap, sayuran berbentuk julur-julur ini adalah pula bahan pangan yang sehat.  Toge diyakini kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Itulah sebabnya makan toge atau kecambah diyakini mampu meningkatkan kebugaran tubuh.

Tahukah Anda apa saja manfaat toge atau kecambah bagi kesehatan?

Toge umumnya terbuat dari kecambah kacang ijo atau kedelai. Informasi dari Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI) mengatakan toge atau mung bean sprout memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, antara lain, kalori, protein, lemak, karbiohidrat, serah, dan air. Sedangkan kandungan mineralnya adalah kalsium, kalium, fosfor, zat besi, natrium, tembaga, zinc, beta karoten, thiamin, riboflavin, niacin, dan vitamin C.

Nutrisi tersebut menjadikan toge sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, salah satu manfaat toge adalah untuk memperlancar pencernaan. Kandungan serat dalam toge diyakini berguna mencegah sembelit dan diare  dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu kandungan enzim dalam toge juga berguna meningkatkan proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, khususnya organ pencernaan.

Serat dalam toge akan mengangkat kotoran, sehingga lebih mudah dibuang melalui saluran pencernaan. Selanjutnya, serat makanan merangsang asam lambung yang membantu enzim untuk mencerna makanan secara efektif dan efisien.

Toge juga berguna untuk mencegah dan memulihkan anemia atau penyakit kurang darah. Pasalnya toge kaya akan kandungan zat besi, unsur penting bagi tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Itulah sebabnya bagi Anda yang merasakan gejalan anemia, seperti mudah lelah, kurang konsentrasi, sering mual, pusing, dan mengalami gangguan perut, tidak ada salahnya mengatasinya dengan mengonsumsi toge atau kecambah.

Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan, toge bisa menjadi pilihan. Toge adalah salah satu makanan yang sangat tinggi nutrisi, tetapi rendah kalori. Sehingga toge bisa dimakan tanpa khawatir berat badan bertambah. Kandungan serat dalam toge juga membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga kebiasaan ngemil bisa dicegah dengan makan toge.

Toge juga berguna mencegah stroke dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan lemak omega-3 sangat baik untuk mengurangi kandungan kolesterol jahat dari tubuh. Asam lemak omega-3 ini juga merupakan anti-inflamasi alami, sehingga mereka dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Toge juga mengandung kalium yang membantu mengurangi tekanan darah dan melepaskan ketegangan di arteri pembuluh darah.

Toge juga mempu mencegah kanker lantaran memiliki kandungan antioksidan dari senyawa organik di dalamnya. Ditambah dengan kandungan vitamin C, vitamin A, asam amino, dan protein yang mampu menangkal pengaruh buruh radikal bebas, pemicu berbagai penyakit temasuk kanker.

Namun dari semua manfaat toge yang paling banyak dikenal adalah meningkatkan kesuburan. Itulah sebabnya pasangan suami istri yang ingin cepat punya anak, terutama pengantin baru, disarankan memperbanyak makan toge. Bagi pria, toge berguna meningkatkan kualitas sperma. Hal ini lantaran toge mengandung vitamin E yang berguna meningkatkan kesuburan pria dan memperbaiki kualitas sperma. Vitamin E adalah senyawa antioksidan juga mampu melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas.

Bagi wanita, toge berguna mencegah gangguan menstruasi dan menopause. Nutrisi dalam toge akan mempermudah aliran darah. Hal ini berguna untuk menghindari dan menetralkan berbagai faktor yang bisa memicu berbagi penyakit. Mengonsumsi kecambah sebelum datang bulan, dapat membantu wanita menghindari masalah saat menstruasi.

Jika ingin mengonsumsi toge disarankan mencari yang masih segar. Pastikan toge mentah bebas dari kontaminasi bakteri yang berisiko menyebabkan mual, muntah, dan diare. Cuci besih toge segar dengan air mengalir. Jika ingin menyimpannya, masukkan dalam lemari pendingin dengan suhu lima derajat selsius atau di bawahnya. Perlu diingat toge hanya mampu disimpan selama dua hari saja.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI