Bukan Hanya untuk Memasak, Ketumbar juga Bermanfaat untuk Kesehatan
berita

21 January 2019 17:10
Watyutink.com - Selama ini kita mengenal ketumbar hanya sebagai bumbu dapur. Bumbu masak berbentuk bulat ini digunakan agar rasa masakan lebih pekat dan nikmat. 

Tahukah Anda, ternyata ketumbar bukan hanya berguna untuk masakan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Berbagai penelitian mengungkapkan ketumbar memiliki 30 kalori, 1,8 gram lemak, 1,2 gram protein, 5,6 gram karbohidrat dan empat gram serat. Sehingga mengkonsumsi ketumbar dapat memenuhi kebutuhan harian hingga delapan persen kalsium, 10 persen zat besi, empat persen vitamin C, dan 68 persen vitamin K.

Beragam manfaat pun diyakini terdapat pada ketumbar, seperti mengatasi rematik, radang sendi, radang kulit, dan keluhan pencernaan. Selain itu ketumbar juga dapt menurunkan kolesterol, mengatasi panas dalam, mencegah diabetes, meredakan nyeri haid dan menyehatkan mata. 

Ketumbar juga dapat membantu menambah nafsu makan dan meningkatkan stamina. Selain itu juga dapat mencegah osteoporosis, anemia, wasir, serta mengatasi bau badan dan mulut.

Cara penyajiannya sangat mudah. 

Seduh satu atau dua sendok teh ketumbar dengan air panas. Diamkan selama 15-20 menit. Lalu saring air rendaman ketumbar tersebut. Bisa juga ditambahkan madu, jahe, atau kayu manis. 

Minum satu atau dua kali sehari. Manfaat ketumbar akan Anda rasakan. 

 

 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter