Bunga Kantil, Makanan Kuntilanak yang Bermanfaat Menyembuhkan Vertigo, Sinusitus, dan Batuk
berita

18 April 2019 16:30
Watyutink.com – Selama ini orang mengenal bunga kantil sebagai pelengkap acara-acara ritual. Itulah sebabnya, bunga kantil, bersama bunga kenanga dan kamboja, dijuluki sebagai bunga kematian. Pasalnya ketiga bunga tersebut selalu muncul pada acara-acara kematian. Beberapa paranormal menyebut, aroma wangi bunga kantil sangat disukai arwah dan mahluk halus. Bahkan mereka menyebut bunga kantil adalah makanan kegemaran kuntilanak.   

Terlepas dari anggapan adanya unsur mistis, sebenarnya bunga kantil memiliki manfaat untuk kesehatan. Pasalnya bunga kantil dipercaya memiliki kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina yang memiliki khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga kantil bagi kesehatan dan bagaimana cara mengolahnya?

Bunga kantil disebut juga bungan cempaka diketahui mengandung banyak zat kimia yang berguna untuk menjaga kesehatan. Zat-zat kimia alami tersebut antara lain asid benzoik, cineol, benzaldehid, alkaloid, isoeugonel, p-kresol metir eter, minyak, dan alkohol benzil.

Selain itu dalam bunga kantil terdapat pula minyak yang mengandung bahan-bahan kimia seperti indol, benzil asetat, oksimes, eter metil kresol, metil palmitat, metil linoleat, geraniol, ionon, cineol, alfa iononalkohol benzil, linalol, betaionon, isoeugenol, feninletanol, feniletil asetat, dan lain-lain. Bahan-bahan kimia tersebut dipercaya berguna untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan, salah satunya adalah untuk menyembuhkan vertigo.

Gangguan kesehatan yang menyebabkan kepala seolah berputar-putar ini bisa diatasi dengan ramuan bunga kantil. Rebus lima atau tujuh kuntum bunga kantil dengan kurang lebih 500 militer air sampai mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minum rebusan bunga kantil tersebut selagi hangat.

Jika Anda sering mengalami perut kembung, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi ramuan bunga kantil. Rebus lima kuntum bunga kantil, lima gram jahe, tiga butir kapulaga, dan lima gram kulit jeruk mandarin dalam 700 mililiter air. Rebus sampai mendidih hingga airnya tinggal setengahnya atau sekitar 300 mililiter. Minum air rebusan tersebut selagi hangat.

Bunga kantil juga bisa digunakan untuk mengatasi sinusitus atau gangguan kesehatan akibat infeksi pada rongga udara, seperti hidung, muka, dan dahi. Ambil 30 gram bunga kantil kering, 30 gram daun mint, 15 gram jahe, dan dua siung bawang putih. Rebus bahan-bahan tersebut dengan kurang lebih 800 cc air. Rebus sampai mendidih hingga airnya tersisa setengahnya.  Minum air rebusan tersebut dua kali sehari, masing-msing 200 cc.

Jika Anda kerap mengalami gangguan pernafasan cobalah mengonsumsi ramuan bunga kantil. Rebus 15 gram daun kantil, umbi bunga lili, dan kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan dalam 500 cc air. Rebus hingga airnya tersisa setengahnya, minum selagi hangat. Untuk menambah rasa bisa juga ditambahkan madu.

Bunga kantil juga bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk, baik batuk rejan maupun batuk berdahak. Rebus bunga kantil, jahe, dan kulit jeruk mandarin dengan air kurang lebih 300 cc hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minum dua kali sehari masing-masing 150 cc. Tambahkan pula madu untuk menambah rasa.

Bagi kaum wanita, bunga kantil bisa digunakan untuk mengatasi keputihan. Rebus 30 gram bunga kantil, 15 gram kulit delima, dan 30 gram sambiloto. Rebus dengan air secukupnya sampai mendidih. Minum air rebusan tersebut selagi hangat.

Bunga kantil juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan. Pasalnya bunga kantil dikenal memiliki aroma wangi. Caranya sangat mudah, rendam bunga kantil dalam air dan gunakan untuk mandi. Bisa juga dengan cara merebus bunga kantil dan daun sirih. Lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mandi.

Bunga kantil juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Ambil bunga kantil yang berwarna kuning, gula jawa, dan asam jawa dengan porsi seimbang. Tumbuk semuanya hingga halus lalu rebus dengan air hingga matang dan larut. Minum selagi hangat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter