Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman Kesehatan
berita

20 January 2019 17:30
Watyutink.com - Khasiat lidah buaya sudah sama-sama kita ketahui. Tidak hanya untuk keindahan rambut dan kecantikan wajah, tanaman yang benama aloe vera ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Tapi tahukah Anda bagaimana cara mengolah lidah buaya menjadi minuman kesehatan? 

Salah satu cara mengolah lidah buaya yang paling banyak dilakukan adalah membuatnya menjadi minuman atau jus. Meski aroma bagian gel tanaman ini lumayan kuat, namun dengan pengolahan yang benar lidah buaya dapat dibuat menjadi jus yang bisa sajikan untuk keluarga. 

Cara paling praktis untuk menghilangkan bau lidah buaya adalah buang bagian sisi lidah buaya yang berduri, kupas sisa kulitnya hingga hanya menyisakan bagian dalamnya. Cuci bersih bagian dalam lidah buaya tadi dengan air mengalir hingga tidak terlalu berlendir dan berbau.

Setelah itu, rendam potongan lidah buaya tadi di dalam air kapur sirih dan garam selama satu jam atau lebih. 

Setelah itu, cuci daging lidah buaya agar bersih dari kapur sirih sebelum diolah menjadi minuman.

Bisa juga dengan lidah buaya direndam dalam air rebusan pandan. Selanjutnya potong-potong dan siap diolah menjadi minuman atau jus yang disukai.

Jus Lidah Buaya dan Lemon

Masukkan daging lidah buaya, sedikit madu untuk pemanis dan sedikit perasan lemon ke dalam blender. Tambahkan sedikit air dan blender hingga halus. Sajikan dengan menambahkan es batu secukupnya.

Jus Lidah Buaya, Pepaya dan Nanas

Masukkan daging lidah buaya, nanas dan pepaya ke dalam blender dan giling hingga halus. Setelah itu gunakan kain atau saringan halus untuk menyaring jus tadi hingga menyisakan airnya saja. Lalu tambah sedikit perasan lemon dan madu, aduk hingga merata. Sajikan dengan es batu sesuai selera.

Jus Lidah Buaya dan Jeruk

Masukkan air perasan jeruk manis, lemon, daging buah lidah buaya, sedikit jahe dan madu ke dalam blender lalu haluskan. Sajikan jus dengan es batu sesuai selera.

Sebaiknya jus lidah buaya dinikmati sesegera mungkin setelah selesai dibuat. Anda bisa menyajikannya pada siang atau malam hari. Tak hanya enak, jus lidah buaya juga bisa bermanfaat bagi keluarga jika dikonsumsi secara teratur.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting