Cemas dan Stres Akibat PPKM Darurat? Redakan dengan Obat Alami Teh Jahe
berita
Teh Jahe/ Net
19 July 2021 08:00
Watyutink.com - Tingginya Lonjakan Kasus Covid-19 di Tanah Air membuat Pemerintahan Melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. PPKM Darurat  ini memicu kecemasan yang berlebihan pada sebagian orang. Bahkan, beberapa orang merasa seperti kembali ke situasi awal pandemi Covid-19. Berbagai ketidakpastian muncul, terlebih angka kasus Covid-19 pun semakin naik. Nah, jika tingkat kecemasanny melampaui batas normal, maka akan berubah menjadi kondisi yang lebih serius dan akhirnya berujung pada gangguan mental (stres).

Sebenarnya, gejala kecemasan tidak terbatas pada otak saja, tetapi dapat mengalami gejala di fisik juga. Seperti sakit kepala, mual, muntah dan sakit perut. Jika dibiarkan tanpa pengawasan, kecemasan itu bisa berbahaya bagi kesehatan psikologi Anda dan dapat menurunkan Imunitas tubuh. Turunnya Imunitas tubuh malah membuat orang menjadi sangat rentan tertular virus Covid-19. Karena itu kecemasan berlebihan harus segera diturunkan (diatasi).

Tahukah Anda, jahe adalah salah satu obat alami untuk mengobati kecemasan?

Ya, salah satu obat alami untuk mengurangi rasa cemas adalah jahe. Jahe merupakan tanaman yang efektif untuk menghilangkan stres dan tekanan. Jahe kaya akan kandungan antioksidan dan gingerol. Kandungan dalam jahe itu mampu membersihkan zat kima berbahaya dalam tubuh yang muncul ketika rasa cemas datang.

Jahe juga mengandung berbagai nutrisi, gizi, mineral serta senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Penelitian di Thailand menemukan bahwa manfaat jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Mengkonsumsi jahe secara rutin, baik bagi mereka yang sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi jahe adalah dibuat menjadi teh jahe. Caranya, Anda cukup mengiris satu buah jahe menjadi beberapa potongan, dan dimasukan ke dalam air.  Selanjutnya, air yang sudah dimasukan jahe didihkan. Kemudian saring airnya dan diminum setelah teh jahe tidak terlalu panas.

Jika Anda ingin memberikan rasa yang lebih variatif dan menyegarkan, Anda bisa menambahkan irisan lemon kedalam teh jahe yang akan diminum. Lemon juga memberikan aroma kesegaran dan memberikan rasa rileksasi kepada pikiran Anda. Selain itu Cara yang paling umum menyeduh teh jahe di masyarakat Indonesia adalah dengan mencampurkan teh jahe dengan susu, atau biasa kita sebut dengan susu jahe.

Mari turunkan kadar kecemasan dan redakan stres dengan rutin konsumsi teh jahe. Yakinlah, Covid-19 bisa kita kalahkan!

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF