Cerdas Memilih Menu Sarapan, Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak
berita
Sarapan Keluarga
11 March 2020 06:00
Watyutink.com – Awali hari dengan sarapan. Sarapan sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan kognitif, tingkah laku, dan prestasi terutama daya ingat. Pemilihan menu sarapan yang tepat dapat membantu otak agar bekerja lebih maksimal.

Tahukah Anda makanan-makanan yang diklaim mampu meningkatkan kecerdasan otak?

Sayur berdaun hijau, seperti bayam kaya akan vitamin dan folat yang berperan dalam pertumbuhan otak. Memasukan sayuran hijau dalam menu sarapan sangat baik untuk membantu otak memulai aktivitas.

Telur, kaya akan protein, omega tiga, asam lemak, lutein, dan seng (Zn). Kandungan-kandungan ini sangat penting dalam membantu perkembangan otak.

Ikan, mengandung omega tiga, asam lemak, dan vitamin D. Secara keseluruhan nutrisi ini berperan dalam membantu kemampuan koognitif serta mencegah kehilangan memori. Asam lemak mampu memicu sekresi serotonin yang mampu meningkatkan fungsi otak.

Oatmeal, kaya akan serat dan protein. Nutrisi ini berfungsi menjaga arteri otak dan jantung. Selain meningkatkan kecerdasan, oatmeal juga mampu meningkatkan cadangan energi dalam tubuh.

Apel, kaya akan senyawa antioksidan. Antioksidan mampu melawan penurunan fungsi kognitif. Selain itu antioksidan juga mampu maeningkatkan kecerdasan otak.

Sudah sarapankah pagi ini?

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)