Dahsyatnya Jatuh Cinta Bagi Kesehatan
berita
Istimewa
30 August 2019 17:30
Watyutink.com - Jatuh cinta, ah tentu saja semua orang pernah merasakan betapa hebatnya getaran cinta, dahsyat bukan? Hati yang jatuh namun seluruh tubuh merasakana getarannya, bahkan bibir tak kuasa menahan senyuman dan debar jantung yang menggebu saat mengingat atau bola mata yang tiada henti bagai membelalak berbinar saat menceriterakan kisah cinta indahmu.

Tahukah Anda, jatuh cinta memiliki dampak yang dahsyat bagi kesehatan?

Terdengar sepele namun anda tentu pernah merasakan manfaat jatuh cinta, selain senyam senyum sendiri akibat hati yang berbunga-bunga. Ternyata jatuh cinta sejuta manfaat bagi kekebalan tubuh anda. Pernah mendengar ungkapan ‘hati yang gembira adalah obat yang manjur?. Nah demikian juga jatuh cinta dapat mempengaruhi kesehatan anda secara signifikan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kadar glukosa bagi orang yang jatuh cinta ketika sedang memikirkan pasangan akan meningkat sekitar 10 sampai 25 menit setelahnya. Bayangkan hanya dengan melamunkan si dia anda bisa tiba-tiba lebih berenergi dan lebih semangat. Tentu saja, yang sedang jatuh cinta langsung memikirkan pasangannya dan auto senyum kalau bahasa anak zaman.

Selain itu, perasaan cinta membuat anda kebal terhadap rasa sakit. Bukan berarti terbiasa atau terlatih disakiti lho. Tapi saat anda merasakan sakit atau nyeri, rasa cinta yang dalam ketika ditemani atau sedang memandangi foto pasangan akan membuat rasa sakit atau nyeri anda berkurang. Mengapa demikian? Sebab saat jatuh cinta otak akan mengaktifkan hormon bahagia dan hal ini tentu secara otomatis mengurangi rasa sakit anda, paling tidak mengalihkan anda dari rasa sakit.

Jatuh cinta menyehatkan jantung. Percaya atau tidak ketika jatuh cinta akan memicu jantung anda berdebar-debar dan meningkatkan kinerja jantung. Hal ini sama dengan ketika anda sedang olahraga, namun bukan berarti jika sudah jatuh cinta tak perlu lagi berolahraga lho ya.

Jatuh cinta juga mampu meningkatkan kualitas dan kualitas kinerja sistem saraf tubuh. Salah satunya saraf simpatis yang mengatur respon tubuh terhadap stress. Saat jatuh cinta, maka respon tubuh terhadap stress akan menurun dan secara otomatis akan menurunkan tekanan darah dan frekuensi nadi anda. secara tidak langsung jatuh cinta akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan serta membuat tubuh anda menjadi lebih rileks.

Membuat pipi merona. Diakui atau tidak pipi anda akan merona saat jatuh cinta. Jangan sepelekan pipi merona karena ini bukan sekedar dampak jatuh cinta biasa. Saat hormon adrenalin dilepaskan oleh otak ketika anda melihat objek kasih sayang, maka pembuluh darah anda akan melebar dan meningkatkan aliran darah serta oksigen ke seluruh tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat pipi anda menjadi merona. Menarik bukan, sekali jatuh cinta sejuta manfaat didapatkan.

Nah, itu dia beberapa manfaat jatuh cinta bagi kesehatan anda. Meski jatuh cinta tak jarang berakhir pada patah hati, bukan berarti anda harus jera jatuh cinta. Selain untuk dapat mengecap manfaat kesehatan ketika jatuh cinta, masa sih anda tidak ingin berkasih sayang? Siapa takut jatuh cinta?

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Robin, S.Pi., M.Si.

Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kandidat Doktor IPB, Tenaga Ahli Komisi IV DPR-RI

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik